Wujudkan Visi Misi, Bupati Wakatobi Minta Kepala SKPD Menghayal

2
Arhawi Ruda
Arhawi Ruda

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Bupati Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) Arhawi Ruda, menghimbau seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di daerah itu untuk menelaah secara saksama dan menterjemahkan tujuan visi dan misi daerah untuk lima tahun kedepan.

Arhawi Ruda
Arhawi Ruda

“Kepala-kepala dinas harus menghayal apa visi misi yang tercantum dalam rencana strategi (renstra) dan Rancangan Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” kata Arhawi Ruda, saat membuka kegiatan sosialisasi pendalaman visi dan misi Kabupaten Wakatobi 2016-2021 di Wangi-Wangi, Jumat (21/10/2016).

Visi dan misi adalah menjadikan Wakatobi sebagai Kabupaten Maritim Berdaya Saing. Menurut Arhawi, dalam artian luas bahwa satu-satunya sumber daya yang memiliki potensi besar untuk mensejahterakan masyarakat Wakatobi berada di laut. Apalagi luas wilayah Wakatobi 97 persen adalah laut. Sehingga diharapkan semua perangkat daerah untuk mendalami visi misi agar semua kepentingan pihak bisa terakomodir.

“Karena ini konsep maritim maka konsentrasi harus di laut. Sehingga kedepan kita harus melanjutkan keberhasilan dan memperbaiki kekurangan selama ini khususnya terkait dengan hajat hidup orang banyak di laut,” ujar Arhawi.

Lebih lanjut Arhawi mengatakan, sebagai daerah maritim maka sektor perikanan harus menjadi kekuatan dimasa akan datang. Singkronisasi renstra program kerja setiap SKPD harus saling menunjang. Karena selama ini memaksimalkan potensi sumber daya laut belum sepenuhnya. Semua itu masih membutuhkan perencanaan yang sistimatis.

“Membantu nelayan dengan berbagai macam prasaran bukan berarti pemerintah daerah lepas tanggung jawab. Tapi cara berpikir harus selalu dikembangkan sehingga muncul sebuah pemikiran yang di dalamnya ada prospek dari setor ke sektor lainnya. Dan ini kita akan coba sehingga diharapkan bisa tuntas pada masa berakhir masa jabatan pemerintahan saat ini,” ujarnya. (B)

 

Reporter : Duriani
Editor : Rustam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here