192 Calon Kades di Buton Siap Berkompetisi Damai

192 Calon Kades di Buton Siap Berkompetisi Damai
DEKLARASI DAMAI - Bupati Buton La Bakry, Kapolres Buton AKBP Andi Herman SIk, Sekda Buton Zilfar Djafar, Kepala BPMD Buton La Madi beserta para calon Kades saat berfoto usai kegiatan deklarasi damai di gedung Wakaka, Kecamatan Pasarwajo, Buton, Minggu (16/9/2018). (Nanang/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,PASARWAJO-55 desa yang ada di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal mencari pemimpin baru mereka lewat hajatan pemilihan kepala desa (Pilkades), 21 September nanti. Total ada 192 calon yang akan berebut jadi kepala desa.

Minggu (16/9/2018) pagi, semua kandidat pemimpin desa itu berkumpul di Gedung Wakaka, Pasarwajo, Buton. Mereka hadir dalam acara deklarasi Pilkades damai sekaligus menyatakan sikap siap berkompetisi sehat dan damai di Pilkades nanti.

Bupati Buton, La Bakry menaruh harapan besar agar Pilkades kali ini bisa berlangsung damai dan sukses. “Ini Pilkades serentak yang paling banyak pesertanya,” kata La Bakry, saat membuka deklarasi itu.

Pengganti Umar Samiun ini menyebutkan, biasanya Pilkades tidak mulus karena adanya ketidakpuasan dan keberatan dari peserta. Ini akibat unsur penyelenggarannya. “Kalau unsur penyelenggarannya netral maka tidak ada yang namanya masyarakat tidak puas dan pasti akan menerima apapun hasilnya,” kata La Bakry.

Ketua DPD Golkar Buton itu berharap agar seluruh penyelenggara Pilkades dari tingkat kabupaten, kecamatan sampai ke desa bisa memastikan bahwa penyelenggaraan Pilkades ini pada posisi netral atau tidak berpihak pada salah satu kandidat.

“Bersaing secara sehat sesuai ketentuan. Yakinkan masyarakat dan pastikan masyarakat jangan dibuat gelisah,”harapnya.

La Bakry juga meminta kepada para pendukung tidak mudah terprovokasi dan para kandidat agar bisa mengendalikan pendukungnya masing-masing. Bupati berharap Pilkades di Buton menjadi contoh Pilkades serentak yang aman, damai dan tentram.(B)

 


Reporter : Nanang
Editor : Abdi MR
loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib