2000 Nelayan di Buton Sudah Dapat Asuransi

Kepala DKP Buton, Sudirman
Sudirman

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat, hingga akhir tahun 2017 sudah ada dua ribu nelayan yang telah mengantongi kartu asuransi nelayan. Jumlah tersebut, sudah sesuai dengan target nasional.

Demikian dikatakan Kepala DKP Buton, Sudirman kepada awak Zona Sultra di kantor Bupati Buton, Rabu (7/2/2018).

“Program asuransi nelayan di Buton baru berjalan dua tahun, tapi sudah mencapai dua ribu lebih,”ujar Sudirman.

Sementara di tahun ini, pihaknya terus mendorong agar asuransi nelayan mengalami peningkatan setiap tahunnya, sehingga para nelayan ini mendapat terjamin resiko keselamatan saat melaut.

Ia berharap agar Pemerintah Desa mulai mendata penduduknya yang bermata pencaharian sebagai nelayan dan belum pernah menerima bantuan asuransi nelayan ini.

“Jangan sampai masih ada kelompok nelayan yang belum tersentuh asuransi dari pemerintah, karena kita menginginkan agar semua nelayan di Buton ini mendapatkan asuransi nelayan,” ungkapnya.

Ia menambahkan selama program asuransi nelayan berjalan pihaknya telah menyantuni lima nelayan. Lima orang yang terdaftar sebagai nelayan ini meninggal saat kondisi tidak melaut atau meninggal di darat.

“Karena kalau meninggal di darat hanya mendapatkan jaminann resiko asuransi sebesar Rp 160 juta per orang. Sedangkan jika meninggal di laut akan dibayarkan sebesar Rp 200 juta per orang,” katanya. (C)

 


Reporter : Nanang
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib