2017 Setiap Desa di Konawe, Miliki Satu Tenaga Perawat

ilustrasi perawat
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Dalam rangka meningkatkan pelayanan dibidang kesehatan Pemerintah Kabupaten Konawe saat ini tengah menggodok gerakan satu perawat untuk satu desa di daerah itu.

ilustrasi perawat
Ilustrasi

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Konawe, Muhammad Aris menjelaskan, status perawat desa ini hampir sama dengan Bidan Tidak Tetap (PTT), sebab perawat dengan status kontrak ini diharuskan untuk tinggal di desa tempat tugasnya.

“Salah satu syarat utama yang dibutuhkan adalah STR dan rekomendasi Kepala Desa (Kades) setempat, nah ketika sudah dinyatakan lolos, maka perawat tersebut harus tinggal di desa itu,” kata Aris di pelataran kantor Bupati Konawe, Senin (27/2/2017)

Aris melanjutkan, tugas perawat desa itu bukan hanya mengobati, tetapi dia akan mendapat tugas tambahan yakni melakukan pendataan terhadap warga desa dengan maksud pendeteksian dini tentang penyakit yang sedang menyerang masyarakat desa itu sendiri.

Tidak hanya itu, kata Aris, perawat tersebut juga akan melakukan penyuluhan kepada warga tentang pentingnya menjaga kesehatan dan juga lingkungan.

“Di Konawe sendiri ada 294 desa penerima dana desa, berarti kita membutuhkan 294 perawat, sebab gerakan ini hanya untuk desa yang menerima Dana Desa (DD),” imbuhnya.

Aris menekankan bahwa syarat utama untuk perekrutan ini adalah STR dan rekomendasi desa, jika salah satunya tidak dipenuhi maka pelamar dinyatakan tidak lolos berkas.

Rencananya gerakan ini akan dilouncing bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Konawe ke-57 tahun pada 3 Maret mendatang. (B)

 

Reporter Restu Tebara
Editor Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here