2018, Pengadaan Naskah Soal UN SD di Kabupaten Kota

Pendistribusian Soal UN, SMAN 9 Konsel Kekurangan Paket Soal IPA
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, RAHA – Pengadaan soal Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Dasar di tahun 2018 ini, disiapkan langsung oleh Kabupaten/Kota masing-masing.

Koordinator perumus naskah soal di dinas pendidikan Muna, La Saludi menjelaskan bahwa soal ujian tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Untuk soal-soal ujian yang digunakan pada tahun ini, dirumuskan secara keseluruhan di kabupaten/kota masing-masing, dan pembagiannya tetap 25 persen pusat dan 75 persen kabupaten/kota.

“Jadi soal yang kita hasilkan oleh Kabupaten/Kota, itu yang akan di pakai dalam pelaksanaan ujian nanti,” kata La Saludi selaku saat ditemui di kantor Dikbud Muna, Selasa (13/3/2018).

Dia menambahkan, sesuai juknis yang dikeluarkan pada tanggal 19 Februari 2018 yang lalu, bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbid) menunjuk 2 Kelompok Kerja Guru (KKG) terbaik yakni dengan tugas perumus indikator dan pereviuw atau pemilah soal. Sedangkan tugas lainnya sebagai perakit soal.

“Kalau soalnya sudah memenuhi syarat dan dianggap sudah bisa dijadikan sebagai naskah soal ujian, maka itulah yang akan di buat dan dijadikan naskah ujian. Untuk jenis soal itu ada dua jenis soal yakni paket utama dan paket susulan,” terangnya.

Dikatanya, penyusunan pengawas ujian sama dengan tahun yang lalu. Hanya saja mengenai pendistribusian soal langsung diserahkan ke Dikbud Muna (C)

 


Reporter : Kasman
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib