iklan zonasultra

2019, RSUD Bahteramas Siapkan Pelayanan Bedah Saraf

Direktur Rumah Sakir Umum Daerah (RSUD) Bahteramas Sulawesi Tenggara (Sultra) Yusuf Hamra
dr. Yusuf Hamra

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bahteramas mempersiapkan pelayanan bedah saraf, untuk penanganan operasi medis pasien yang membutuhkan. Untuk mewujudkan rencana itu, pihak RSUD Bahteramas telah mempersiapkan seluruh keperluan termaksud dokter ahli bedah saraf.

Direktur Utama (Dirut) RSUD Bahteramas Provinsi Sultra dr. Yusuf Hamra mengaku, rencana peningkatan fasilitas layanan kepada masyarakat akan dimulai pada 2019 mendatang.

“Bedah saraf itu contohnya begini, misalnya ada korban kecelakaan lalu lintas biasanya jatuh dari kendaraan bermotor. Misalnya tidak sadar itu mungkin mengalami pendarahan di kepala, harusnya itu di lakukan operasi untuk menyelamatkan nyawa. Saat ini kalau itu kasusnya sederhana sudah bisa di lakukan oleh dokter bedah umum yang ada sekarang,” terangnya pada saat menggelar jumpa pers Jumat 7 Desember 2018.

iklan zonasultra

Tetapi, sambungnya, tahun depan kasus yang lebih sulit pun misalnya tumor yang ada di kepala sudah bisa ditangani di RSUD Bahteramas. Untuk mewujudkan pelayanan bedah saraf pun, lanjutnya, pihaknya akan mengadakan MoU dengan RS Sarjibto dan fakultas kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM) untuk pembukaan layanan bedah saraf.

“Karena kami punya seorang dokter yang dari RSUD Bahteramas, yang sedang dalam pendidikan di fakultas kedokteran UGM yang hampir menyelesaikan pendidikan bedah saraf. Jadi kami mempersiapkan kerjasama dengan UGM dulu, nanti begitu dokter yang berasal dari sini menyelesaikan pendidikannya baru kita bisa langsung action,” jelasnya.

Seluruh peralatan pendukung pun, akan mulai di siapkan tahun 2019 mendatang. Yusuf berharap, dengan adanya layanan bedah saraf di RSUD Bahteramas dapat bermanfaat bagi masyarakat Sultra. (B)

 


Reporter : Randi Ardiansyah
Editor : Tahir Ose
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib