iklan zonasultra

25 Orang di Konsel ODP Corona, Jubir Gugus Tugas : Masyarakat Jangan Panik

25 Orang di Konsel ODP Corona, Jubir Gugus Tugas : Masyarakat Jangan Panik
ODP - Data orang dalam pemantauan (ODP) yang dirilis oleh pemerintah daerah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) pertanggal (23/3/2020). (Sumber : Dinas Kesehatan Pemda Konsel.)

ZONASULTRA.COM,ANDOOLO– Sebanyak 25 orang warga Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) masuk Orang Dalam Pemantauwan (ODP) pandemi virus corona. Hal ini dibenarkan oleh Juru Bicara (Jubir) gugus tugas percepatan penanganan virus Covid-19 Konsel, Anas Mas’ud saat dihubungi via telpon, Senin (23/3/2020).

Anas mengungkapkan, data itu dirilis hari ini oleh dinas kesehatan Konsel yang melakukan update informasi melalui Puskesmas yang ada di setiap kecamatan. Anas mengimbau masyarakat untuk tidak panik mendengar informasi yang beredar tersebut.

“Inikan masih ODP, bukan positif. Tingkatanya ada, ODP itu masih jauh dari Suspect, ODP dulu, nanti kalau dia ada menunjukan gejala sakit, baru naik Pasien Dalam Pengawasan (PDP) baru nanti setelah ditangani lebih lanjut, kalau dia terindikasi terserang virus, maka dia baru masuk dalam kategori suspect, begitu hasilnya keluar baru bisa dinyatakan positif atau negatif. Begitu,”jelas Anas kepada zonasultra.com saat duhubungi, Senin (23/3/2020).

iklan zonasultra

Dijelaskan, 25 orang tersebut dikategorikan sebagai ODP karena habis melakukan perjalanan keluar kota yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai daerah terjangkit, sehingga mereka perlu mendapatkan pemantauan dari pemerintah daerah.

(Baca Juga : Total ODP Kasus Corona di Sultra Capai 982 Orang)

“Jadi masyarakat jangan panik, namun tetap waspada. Ikuti himbauan yang disampaikan pemerintah sebagai langkah pencegahan virus corona ini,”katanya.

Saat ini, pemda Konsel telah menyiapkan ruangan isolasi di BLUD RS setempat. Ada 4 ruangan 9 tempat tidur di bidang SDM seperti dokter ahli dan perawat, termasuk logistik dan obat-obatan, termaksuk alat pelindung diri (APD).

Koordinasi juga terus dilakukan dengan pemerintah di kecamatan, agar segera melaporkan kepada tim teknis untuk penanganan medis jika terdapat warga yang menunjukan gejala klinis. (a)

Berikut data 25 ODP di tiap kecamatan di Konsel :

  1. Kecamatan Lalembuu 2 orang.
  2. Kecamatan Baito 1 orang
  3. Kecamatan Benua 1 orang
  4. Kecamatan Andoolo Barat 5 orang
  5. Kecamatan Konda 4 orang
  6. Kecamatan lainea 1 orang
  7. Kecamatan Palangga 1 orang
  8. Kecamatan Ranomeeto 4 orang
  9. Kecamatan Tinanggea 1 orang
  10. Kecamatan Wolasi 5 orang.

 


Kontributor: Erik Ari Prabowo
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib