iklan zonasultra

3 Pulau di Wakatobi Ini Skala Prioritas Percepatan Pembangunan Infrastruktur BOP

3 Pulau di Wakatobi Ini Skala Prioritas Percepatan Pembangunan Infrastruktur BOP
BOP - Arhawi Ruda bersama Deputi 2 SDA dan Jasa Kemenko Maritim RI saat berada di pelabuhan Pangulubelo Mandati Wangi-Wangi Selatan. (Duriani/ZONASULTRA.COM)
3 Pulau di Wakatobi Ini Skala Prioritas Percepatan Pembangunan Infrastruktur BOP
BOP – Arhawi Ruda bersama Deputi 2 SDA dan Jasa Kemenko Maritim RI saat berada di pelabuhan Pangulubelo Mandati Wangi-Wangi Selatan. (Duriani/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Tiga pulau berpenghuni di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) dijadikan wilayah prioritas percepatan pembangunan percepatan infrastruktur Badan Otorita Pariwisata (BOP).

Total luasan seluruhnya yang harus disiapkan dalam rangka mendukung program BOP seluas 200 hektar yang tersebar di Pulau Wangi-wangi yang menjadi ibukota Kabupaten, Pulau kaledupa dan Pulau Tomia.

“Dari empat pulau besar berpenghuni di Wakatobi, hampir semua wilayah miliki potensi untuk percepatan pembangunan infrastruktur pariwisata. Namun yang dipilih hanya tiga saja sebagai prioritas wilayah pembangunan,” ucap Bupati Wakatobi, Arhawi Ruda, di Wangi-Wangi.

Arhawi Ruda, mengungkapkan jika semua wilayah Kabupaten Wakatobi yang terdiri dari 97 persen laut memiliki potensi untuk dilakukan percepatan pembangunan infrastruktur pariwisata.

“Di pulau Wangi-Wangi ada pulau Oroho dan Kapota, di pulau Kaledupa ada pulau Hoga dan di pulau Tomia ada pantai Hu’untete yang begitu luas,” ucap Arhawi.

Adapun pulau Binongko belum masuk dalam skala prioritas pembangunan infrastruktur  BOP.  Menurut Arhawi pulau yang terkenal sebagai daerah dengan keahlian  penduduknya sebagai pandai besi  itu memang minim pembangunan infrastruktur sehingga kedepan menurut  Arhawi pemerintah kabupaten akan meningkatkan pembangunan di pulau tersebut, sehingga kedepan Pulau Binongko juga menjadi  bagian untuk perluasan kawasan pengembangan pembangunan infrastruktur.

“Pulau Binongko belum sempat disinggahi, namun jika sudah tersentuh dengan infrastruktur pariwisata maka pariwisata di Wakatobi akan dahsyat dimasa akan datang,” ujar Bupati Wakatobi. (B)

 

Reporter Duriani
Editor Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib