iklan zonasultra

401 Pedagang Pasar Laino Diberi Bantuan Rp5 Juta/Orang Pasca-Kebakaran

Pasar Sentral Laino
Pasar Sentral Laino. (Foto : Dok/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RAHA– Sebanyak 401 pedagang Pasar Laino, Kota Raha Kabupaten Muna yang menjadi korban kebakaran mendapat bantuan dana dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebesar Rp5 juta per orang.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabuapten Muna La Ode Darmansyah mengatakan, dalam waktu dekat bantun tersebut rencananya akan segera disalurkan kepada mereka. Ratusan pedagang itu juga telah diverifikasi oleh pemerintah daerah sehingga dipastikan tepat sasaran.

Iklan Zonasultra

Untuk bantuan dari Pemprov senilai Rp2 miliar itu sudah diterima pemerintah setempat. “Anggarannya sudah masuk di Keuangan, tinggal disalurkan,” kata Darmansyah saat di temui di ruang kerjanya, Jumat (10/7/2020).

Darmansyah mengupayakan penerima bantuan korban kebakaran Pasar Laino tidak ada yang terlewatkan. Namun penyaluran bantuan tersebut melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Muna dan Disperindag hanya menyiapkan data penerima.

Selain itu, para pedagang nantinya akan diumumkan dan disortir satu persatu untuk memastikan penerima bantuan itu dobel.

Saat ini para pedagang korban kebakaran kembali menempati lokasi eks kebakaran karena daya tampung di gedung baru pasar Pasar Senteral Laino tidak mencukupi.

Untuk diketahui, kebakaran Pasar Laino terjadi pada 5 Juni 2020 lalu, sekitar pukul 01.35 WITA. Api menghanguskan sekitar 500 kios dengan cepat serta melahap seluruh blok mulai dari penjual kosmetik, pecah bela, sembako hingga pakaian. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu dan kerugian ditaksir miliaran rupiah. (a)

 


Kontributor: Nasrudin
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib