iklan zonasultra

6 Caleg DPR RI Dapil Sultra Lolos ke Senayan

6 Caleg DPR RI Dapil Sultra Lolos ke Senayan
6 caleg terpilih yang berhak menduduki kursi di Senayan

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di 17 kabupaten/kota telah rampung dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Ballroom Phinisi Hotel Claro, Minggu (12/5/2019) sekira pukul 23.59 Wita.

Jenis Pemilihan Calon Anggota Legislatif (Pilcaleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI telah membuahkan hasil. Di Daerah Pemilihan (Dapil) Sultra, terdapat jatah 6 kursi yang akan diduduki oleh para caleg peraih suara tertinggi.

Dari data yang diambil dari DC-1 KPU Sultra, Zonasultra merangkum perolehan suara 6 caleg terpilih yang berhak menduduki kursi di Senayan. Perhitungan dilakukan dengan metode sainte league murni.

iklan zonasultra

Baca Juga : Ini 6 Caleg DPR RI Dapil Sultra yang Lolos Ke Senayan Versi Hitung Cepat HI

Kursi pertama diraih oleh Partai Golongan Karya (Golkar). Pasalnya partai berlambang pohon beringin ini meraup suara tertinggi di antara semua partai yakni sebesar 196.567 suara. Berdasarkan perhitungan sistem sainte league murni, peraih kursi terbanyak secara otomatis berhak meraih kursi pertama.

Pertarungan kursi dari partai ini dimenangkan oleh caleg incumbent Ridwan Bae setelah mengantongi suara tertinggi sebanyak 93.067 suara. Ketua Golkar Sultra ini mengalahkan Leni Andriani yang hanya memperoleh suara sebesar 51.193 suara.

Kursi ke dua menjadi milik Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan setelah mengantongi suara sebesar 162.868. Sementara untuk perebutan kursi partai berhasil diraih mantan Bupati Wakatobi Hugua dengan raihan suara sebesar 63.329 suara. Ketua PDIP Sultra itu mengalahkan pesaingnya dari satu partai yakni Nirna Lachmuddin yang hanya memperoleh suara 27.452.

Kursi ke tiga milik Partai Amanat Nasional (PAN) dengan perolehan suara sebanyak 158.621. Kursi partai berlambang matahari terbit ini direbut anak Bupati Konawe yaitu Fachry Pavlevy Konggoasa dengan perolehan suara tertinggi sebesar 101.727. Perolehan ini menjadi yang tertinggi di antara semua caleg.

Baca Juga : Hasil Pileg Konut,15 Incumben Tumbang, PBB-PAN Raih Kursi Terbanyak

Selanjutnya kursi ke empat diambil Partai Demokrat dengan perolehan suara sebesar 154.729 suara. Kursi partai berlambang mercy ini direbut Mantan Bupati Kolaka Utara Rusda Mahmud dengan raihan suara tertinggi di internal partai sebanyak 97.123. Rusda mengalahkan caleg petahana Umar Arsal yang hanya memperoleh suara sebesar 40.893.

Kursi ke lima diduduki oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang meraih suara sebesar 151.872. Kursi tersebut berhak diisi oleh caleg yang merupakan mantan Bupati Konawe Selatan Imran dengan perolehan suara sebesar 61.087 suara. Ketua Gerindra Sultra tersebut berhasil menjungkalkan caleg petahana yakni Haerul Saleh yang hanya meraup suara sebesar 42.402.

Baca Juga : KPU Sultra Gelar Pleno Rekapitulasi di Tempat Hiburan Malam

Kursi ke enam diambil Partai Nasional Demokrat (NasDem) dengan perolehan suara sebesar 90.737. Kursi NasDem ini menjadi milik Tina Nur Alam dengan raihan suara sebesar 38.243 suara. Tina Nur Alam merupakan caleg incumbent, yang pada periode sebelumnya maju melalui PAN.

Untuk pemilihan Caleg DPR RI ini, jumlah suara suara sah sebesar 1.287.972. Sementara suara tidak sah sejumlah 134.873 suara. Jumlah pemilih di Sultra termasuk daftar pemilih tetap (DPT), daftar pemilih tetap tambahan (DPTb) dan daftar pemilih khusus (DPK) sebesar 1.796.827 pemilih. Namun, yang hanya menggunakan hak suaranya sebanyak 1.422.845 pemilih.

 


Kontributor : Fadli Aksar
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Loading...

1 KOMENTAR

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib