Honda

80 Guru PAUD di Konawe Dilatih Kurikulum 2013

80 Guru PAUD di Konawe Dilatih Kurikulum 2013
DIKBUD KONAWE - Kepala Dikbud Konawe, Suriyadin (tengah, baju pramuka) berpose bersama usai membuka acara Bimtek pebingkatan kapasitas dan implementasi kurikulum PAUD 2013, disalah satu hotel di Unaaha. (Restu/ZONASULTRa.COM)

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Sebanyak 80 orang peserta dari tenaga pengajar Pendidik Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) dilatih kurikulum 2013 yang mulai diterapkan bagi kelas Taman Kanak-kanak (TK), Kelompok Bermain, dan PAUD.

Kepala Dikbud Konawe, Suriyadin menyebut kurikulum merupakan jantung pendidikan yang harus terus ditingkatkan. Kurikulum 2013 merupakan hal yang mengembirakan, sebab dengan kurikulum ini peningkatan layanan di TK, Kelompok Bermain, dan PAUD, bisa lebih baik.

Baca Juga : Pemda Konawe Gencar Kampanyekan Ayo Bertani

iklan zonasultra

Ia menyebut, sejauh ini partisipasi anak-anak untuk masuk dijenjang PAUD berada di angka 89 persen. Sementara sisanya terkendala pada pemahaman masyarakat yang belum jauh mengerti pentingnya pendidikan anak usia dini.

“Masih ada 12 persen pertisipasi anak-anak. Target kita 2020 mendatang sudah 100 persen, nah bagaimana cara kita memperoleh itu, ya dengan kurikulum 2013 ini,” kata Suriyadin saat membuka Bimtek implementasi kurikulum PAUD 2013 di salah satu hotel di Unaaha, Rabu (14/8/2019)

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua PGRI Konawe itu mengaku saat ini pihaknya sedang merancang peraturan untuk memasukan pendidikan budaya pada mata pelajaran PAUD. Dengan kurikulum PAUD 2013 ini, nilai-nilai budaya lokal kita dapat mulai diperkenalkan kepada anak-anak sejak masi duduk di jenjang Anak Usia Dini.

“Bahkan kita juga berencana mulai mengenalkan pramuka kepada anak-anak kita yang ada di PAUD, namanya pra siaga pramuka, meskipun waktu belajarnya tidak bole sama dengan yang lain,” imbuhnya.

Baca Juga : 25 Ibu Rumah Tangga di Konawe Berlatih Cara Menjahit

Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan kapasitas implementasi kurikulum PAUD 2013, diikuti sebanyak 80 orang peserta yang terdiri dari pengawas, pengelola, dan tenaga pendidik yang ada di Konawe. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai sejak hari ini.

Ia berharap para peserta dapat menimbah ilmu kepada pemateri yang didatangkan dari Jakarta, sehingga penerapan kurikulum 2013 dapat terlaksana dengan baik. (B)

 


Reporter : Restu Tebara
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib