Honda

Alasan Keselamatan, Pesawat Garuda dari Makassar ke Kendari Batal Terbang

pesawat garuda
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Pesawat Garuda Indonesia (GI) Boeing 737-800NG dengan nomor penerbangan GA604 dari Makassar tujuan Kendari batal terbang, Kamis (8/8/2019).

Branch Manager PT Garuda Indonesia Branch Office Kendari, Syaiful Bahri saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp mengungkapkan, informasi yang didapatnya dari Makassar bahwa karena alasan keselamatan (safety) pesawat tersebut batal terbang ke Kendari

Akibatnya, penumpang dari Bandara Sultan Hasanudin, Makassar tujuan Kendari harus dipindahkan penerbangannya ke pesawat Citilink dan Sriwijaya Air.

iklan zonasultra

Selain itu, hal ini juga menyebabkan 40 orang penumpang pesawat Garuda tujuan Makassar dari Kendari dengan nomor penerbangan GA 605 harus dipindahkan penerbangannya menggunakan pesawat Sriwijaya Air dari Bandara Haluoleo.

“Saya belum terupdate lagi mas, nanti akan diinfo kalau sudah sudah terupdate. Karena di Makassar lagi pada sibuk,” ungkap Syaiful.

Syaiful juga menegaskan, bila ada penumpang yang tidak mau diberangkatkan dengan Sriwijaya Air dari Kendari menuju Makassar begitupun sebaliknya dan ingin meminta kembali dana yang dikeluarkan untuk pembelian tiket pesawat, maka seluruh biaya tiket dikembalikan 100 persen oleh maskapai plat merah itu.

(Baca Juga : Tiket Pesawat Garuda Bisa Ditukar dengan Potongan Harga Kamar Hotel di Kendari)

Berdasarkan data jadwal penerbangan dari Garuda Indonesia, pesawat yang mengalami kerusakan ini adalah pesawat yang berangkat dari Jakarta menuju Kendari via Makassar dengan waktu penerbangan keberangkatan dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 05.10 WIB dan sampai di Kendari pukul 10.30 WITA.

Sedangkan untuk penerbangan dari Bandara Haluoleo, Kendari menuju Jakarta via Makassar dengan nomor penerbangan GA605 harusnya berangkat 11.15 WITA dan sampai di Jakarta pukul 14.25 WIB.

“Kita tetap maksimal melayanin penumpang dan di kendari semua aman dan terkendali, bisa diberangkatkan dengan sriwijaya,” ujarnya.

Untuk diketahui, jenis pesawat yang sama ini pada tanggal 21 Februari 2019 lalu, batal diberangkatkan dari Bandara Haluoleo Kendari, karena ada kerusakan pada pesawat, maka penumpang yang sudah naik diturunkan dari pesawat.

(Baca Juga : Garuda Imbau Penumpang Tak Ambil Gambar di Pesawat Demi Privasi)

Station and Service Manager Bandara Haluoleo Kendari, Firmansyah mengatakan penumpang terpaksa diturunkan dari pesawat karena terdapat kerusakan pada Auxiliary Power Unit (APU) yang tidak mampu saat start engine dan harus dilakukan perbaikan.

Auxiliary Power Unit (APU) adalah sebuah perangkat pada kendaraan yang menyediakan energi untuk fungsi lain. APU biasanya ditemukan pada pesawat besar, serta beberapa kendaraan darat besar.

Akan tetapi, pada tanggal yang sama tepatnya pukul 8 malam, Pesawat Boeing 737-800NG ini sudah kembali beroperasi melayani penerbangan rute domestik dan regional.

Pesawat Garuda Indonesia Boeing ini adalah pesawat yang dioperasikan untuk melayani rute Kendari ke Makassar ke Jakarta, begitu pula sebaliknya dengan total 162 seat. (a)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib