iklan zonasultra

Ali Mazi: Jumlah Usaha di Sultra Serap 195.150 Orang Tenaga Kerja

Ali Mazi
Ali Mazi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi menyebutkan, pertumbuhan ekonomi di Sultra pada tahun 2018 tumbuh sebesar 6.42 persen dari sisi produksi. Tidak hanya itu, pertumbuhan tertinggi juga dicapai dari sektor lapangan usaha transportasi dan pergudangan sebesar 8,76 persen serta sektor industri pengolahan juga mengalami kenaikan sebesar 4,83 persen.

Pencapaian itu disampaikan Ali Mazi saat membuka secara resmi pameran Sultra Ekspo di pelataran Eks MTQ Kendari, Selasa (23/4/2019).

Ali Mazi menjelaskan, seiring dengan pertumbuhan ekonomi tersebut, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sultra terus berkembang dengan jumlah usaha sebesar 108.371 unit. Dengan pencapaian itu, juga menyerap tenaga kerja sebanyak 195.150 orang.

Baca Juga : Ali Mazi Sebut Sultra Ekspo Mengintegrasikan Promosi dan Informasi Produk Potensial Sultra

“Dalam perkembangan pembangunan ekonomi, berbagai masalah masih dihadapi oleh kebanyakan IKM/UMKM. Kurangnya akses terhadap pasar, permodalan pengembangan SDM, jaringan usaha dan sebagainya akan berpengaruh pada rendahnya produktivitas dan daya saing IKM/UMKM,” terangnya.

Menurutnya, permasalahan tersebut menjadi hambatan yang berat dalam perekonomian global yang semakin kompetitif. Meski demikian, ia yakin dan optimis dengan dukungan pemasaran melalui pameran seperti Sultra Ekspo, dapat memberikan motivasi yang cukup besar dalam menumbuhkan dan mengembangkan usaha IMK/UMKM.

“Semoga dengan adanya Sultra Eskpo ini, dijadikan sebagai sarana untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk unggulan. Serta menginformasikan perkembangan terkini terkait kondisi perekonomian daerah, kepada seluruh pihak yang berkepentingan. Semoga ini menjadi ajang promosi IKM dan UMKM yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi,” tutupnya. (b)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib