Honda

Anggaran Pilkada 7 Daerah di Sultra Rampung, Ini Rinciannya

Anggaran Pilkada 7 Daerah di Sultra Rampung, Ini Rinciannya
PENDANAAN PILKADA - Rincian pendanaan Pilkada tujuh daerah di Sulawesi Tenggara. Dari tujuh daerah, Konawe Selatan mendapatkan anggaran yang terbesar yakni Rp45,8 miliar. (Foto: KPU Sultra)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah daerah (Pemda) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) tujuh daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah (Pilkada), telah menyelesaikan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) anggaran Pilkada 2020.

Pada 2020 nanti, ada tujuh daerah yang akan menggelar Pilkada serentak. Yakni, Kolaka Timur (Koltim), Konawe Utara (Konut), Konawe Kepulauan (Konkep), Konawe Selatan (Konsel), Muna, Buton Utara (Butur), dan Wakatobi.

Daerah pertama menandatangani NPHD adalah Konkep pada Senin (30/9/2019). Lalu disusul Konut di hari yang sama.

iklan zonasultra

Selanjutnya, Konsel yang juga melakukan penandatanganan pada pukul 16.00 Wita, dan Butur pada malam pukul 19.30 Wita. Sementara tiga kabupaten lainnya, yakni Wakatobi, Koltim, dan Muna, menandatangani NPHD pada 1 Oktober 2019.

(Baca Juga : Rp 38,5 Milyar Anggaran Untuk Pilkada 2020 di Wakatobi)

“Dengan demikian, KPU telah siap menyelenggarakan Pilkada serentak tahun 2020 yang tahapannya dimulai sejak Tahun 2019 ini. Terima kasih atas kerjasama dan dukungan pemerintah daerah dan DPRD masing-masing kabupaten yang melaksanakan Pilkada 2020 di Sultra,” kata Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib di Kendari, Selasa (1/10/2019).

Lelaki yang akrab disapa Ojo ini berharap kepada KPU 7 daerah di Sultra dapat melaksanakan Pilkada sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-udangan yang berlaku, dan makin berkualitas.

“Saya ucapkan selamat bekerja untuk tujuh KPU kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2020 dengan tetap mengedepankan kerja-kerja profesional, mandiri dan berintegritas, serta mohon doa dan dukungan stakeholders lancar dan tertibnya penyelenggaraan Pilkada serentak 2020,” harapnya.

(Baca Juga : Anggaran Pilkada Muna Capai Rp 37 Miliar)

Berdasarkan data yang diperoleh dari KPU Sultra, mayoritas anggaran Pilkada yang ada di NPHD mengalami penurunan dari yang diusulkan sebelumnya.

Butur mengusulkan Rp30,5 yang disetujui Rp25,3 miliar. Konkep mengusul Rp30,6 miliar, disetujui Rp23,6 miliar. Konsel mengusulkan Rp65,2 miliar, disetujui Rp45,8 miliar.

Kemudian, Koltim mengusulkan Rp42,8 miliar, disetujui Rp31,1 miliar. Konut mengusulkan Rp37,3 miliar yang disetujui Rp36,8 miliar. Muna mengusulkan Rp46,9 miliar, disetujui Rp37,2 miliar, dan Wakatobi mengusulkan Rp32,3 miliar yang disetujui Rp28 miliar. (a)

 


Kontributor: Ramadhan Hafid
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib