iklan zonasultra

Angkutan Kargo Bandara Haluoleo Turun 37,90 Persen Karena Corona

Angkutan Kargo Bandara Haluoleo Turun 37,90 Persen Karena Corona
Bandara Haluoleo Kendari

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Arus angkutan kargo atau logisitik di Bandara Haluoleo Kendari mengalami penurunan 37,90 persen akibat pandemi corona (Covid-19).

Branch Manager Angkasa Pura Logistik Bandara Haluoleo Kendari, Jamil Aditya mengatakan, dari bulan Januari hingga April 2020 pengiriman logistik mengalami penurunan sebesar angka tersebut dibanding tahun sebelumnya.

Ia menyebutkan saat jelang lebaran tahun lalu arus barang dikirim dan masuk mencapai 20 ton per hari, tapi saat ini hanya 12 ton per hari. Menurutnya, hal ini diakibatkan adanya pembatasan dan pembatalan jadwal penerbangan komersil.

“Ini juga diakibatkan adanya alternatif lain pengiriman barang melalui jalur darat dari Kendari dan ke makassar,“ ungkap Jamil melalui pesan WhatsApp, Jumat (22/5/2020).

Selain itu, kargo atau logistik yang banyak keluar dari Kendari didominasi marine produk, dan yang masuk didominasi dokumen paket gabungan spare part atau general kargo. Kemudian, bukan hanya pengiriman logistik yang turun, semenjak pandemi corona jumlah penumpang pesawat pun mengalami penurunan.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra, jumlah penumpang angkutan udara domestik pada Maret 2020 tercatat 109.747 orang atau turun 21,25 persen dibanding bulan sebelumnya Februari 2020 yang tercatat sebanyak 139.357 orang. Angka ini juga mengalami penurunan sebesar 13,35 persen bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya Maret 2019 yang tercatat 126.650 orang.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sultra Moh Edy Mahmud mengatakan, secara kumulatif jumlah penumpang angkutan udara domestik tahun 2020 dari Januari hingga Maret tercatat sebanyak 382.883 orang, atau naik 5,45 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya Januari hingga Maret 2019 yang tercatat sebanyak 363.103 orang.

Sejumlah maskapai penerbangan yang beroperasi di Bandara Haluoleo Kendari pun merasakan penuruan angka keterisian pesawat selama pandemi corona.

Airport Manager Lion Group Kendari, Dedy mengungkapkan penyebaran virus corona (Covid-19) berdampak pada penjualan tiket dan penurunan jumlah penumpang yang diangkut dan datang di Bandara Haluoleo Kendari. Bulan Maret lalu penurunannya mencapai 20 persen. (a)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib