iklan zonasultra

ANTAM Launching Taman Bacaan Digital PIONEER di SD Terapung Dawi-dawi

ANTAM Launching Taman Bacaan Digital PIONEER di SD Terapung Dawi-dawi
ANTAM - Direktur Niaga PT ANTAM Tbk, Apriliandi Hidayat Setia didampingi General Manager ANTAM UBPN Sultra Khaidir Said, VP HC and CSR UBPN Sultra Kamsi dan Camat Pomalaa Mirdan Atar meresmikan Taman Bacaan Digital PIONEER ANTAM di SDN Terapung Dawi-dawi, kecamatan Pomalaa, kabupaten Kolaka, Senin (25/11/2019). (Abd. Saban/ZONASTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – PT Aneka Tambang (ANTAM) Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara (Sultra) melaunching berdirinya taman bacaan digital PIONEER di Sekolah Dasar (SD) Terapung Dawi-dawi, kecamatan Pomalaa, kabupaten Kolaka, Senin (25/11/2019).

Taman bacaan tersebut diresmikan langsung oleh Direktur Niaga PT ANTAM Tbk, Apriliandi Hidayat Setia bersama General Manager ANTAM UBPN Sultra Khaidir Said didampingi VP HC and CSR UBPN Sultra Kamsi, Eksternal Relation Manager Pamiluddin Abdullah, Camat Pomalaa Mirdan Atar.

Pendirian perpustakaan berkonsep digital pertama di kabupaten Kolaka ini merupakan salah satu bentuk inovasi Corporate Social Responsibility (CSR) ANTAM di Pomalaa yang merupakan bagian dari Mining Industry Indonesia (MIND ID) di bidang pendidikan dan diharapkan dapat memberikan manfaat positif bagi masyarakat, utamanya bagi anak sekolah dan tenaga pengajar dalam meningkatkan literasinya terhadap ilmu pendidikan.

iklan zonasultra

Baca Juga : Silaturahmi di Desa Hakatutobu, Warga Diminta Menjaga Keberadaan ANTAM

Direktur Niaga PT ANTAM Tbk, Apriliandi Hidayat Setia megungkapkan perpustakaan ini merupakan sinergi antara ANTAM dengan PT Balai Pustaka (Persero) tujuannya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat terutama bagi anak didik dalam menambah literasi mereka.

 ANTAM Launching Taman Bacaan Digital PIONEER di SD Terapung Dawi-dawi

“Karena kita pahami bahwa anak didik ini merupakan generasi penerus bangsa yang akan menjadi pemimpin di daerah mereka sendiri maupun di daerah lainnya,” terang Apriliandi usai meresmikan Taman Bacaan Digital di SDN Terapung Dawi-dawi.

Dia berharap, taman bacaan ini dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan bagi masyarakat dengan membaca dan belajar lebih dalam lagi, bukan hanya untuk anak didik tapi termsuk juga tenaga pendidik, agar ilmu tersebut bisa termafaatkan untuk diri sendiri, lingkungan dan bangsa Indonesia.

Perpustakaan digital ini menyediakan koleksi buku, baik fisik maupun digital. Selain aneka karya sastra, pada taman bacaan berkonsep digital juga menghadirkan fitur bacaan umum, remaja dan anak, serta buku-buku pelajaran kurikulum tahun 2013 yang disertai pembahasan soal-soal, buku audio, film dan video yang menarik untuk menambah wawasan baru bagi para penggunanya.

 ANTAM Launching Taman Bacaan Digital PIONEER di SD Terapung Dawi-dawi

Diketahui, taman bacaan ini digital PIONEER ANTAM ini dibangun di tiga titik wilayah operasi, yaitu Unit Bisnis Pengolahan & Pemurnian (UBPP) Logam Mulia, Unit Bisnis Pertambangan (UBP) Emas dan UBP Nikel Sulawesi Tenggara. Sementara tiga wilayah operasi ANTAM lainnya masih menggunakan konsep perpustakaan konvensional yang dibangun di wilayah operasi UBP Nikel Maluku Utara, UBP Bauksit Kalimantan Barat dan wilayah eksplorasi Unit Geomin & Technology Development ANTAM yang ada di Garut.
Sementara itu, Vice President Human Capital and Corporate Social Responsibility (VP HC and CSR) PT ANTAM UBPN Sultra, Kamsi menjelaskan bahwa Taman Bacaan Digital PIONEER ini merupakan salah satu bentuk dukungan ANTAM terhadap upaya pemerintah dalam meningkatkan minat baca masyarakat. Program ini juga sejalan dengan arahan Kementerian BUMN yang mencanangkan komitmen untuk membangun 1.000 taman bacaan di seluruh wilayah Indonesia.

Baca Juga : ANTAM Gelar Operasi Katarak Gratis Bagi Warga Kolaka

Di tempat yang sama, Kepala SDN Terapung Dawi-dawi Masmawati mengungkapkan rasa trimakasih yang sedalam-dalamnya untuk ANTAM. Karena taman bacaan ini merupakan kebutuhan prioritas bagi sekolah untuk meningkatkan literasi siswanya.

 ANTAM Launching Taman Bacaan Digital PIONEER di SD Terapung Dawi-dawi

Dia berharap, bantuan ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya oleh guru dan siswa untuk meningkatkan kapasitasnya.

Di sela-sela acara peresmian Taman Bacaan Digital di SDN Terapung Dawi-dawi, Direktur Niaga PT ANTAM Tbk, Apriliandi Hidayat Setia juga meluangkan waktu untuk menceritakan dongeng tentang kisah kepahlawanan Larumbalangi dalam melawan burung Kongga (burung Garuda) untuk para siswa yang hadir.

Di akhir acara, jajaran ANTAM UBPN Sultra juga menyelenggarakan kuis dan penyerahan souvenir bagi para siswa SDN Terapung Dawi-dawi. (*)

 


Penulis : Abd Saban

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib