iklan zonasultra

Antisipasi Longsor, Dinas PU Butur Siapkan Alat Berat di Jalur Kulisusu Utara

Plt Kepala Dinas PU Wawan Wardayah
Wawan Wardayah

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Buton Utara (Butur) menyiapkan tiga unit alat berat, untuk mengantisipasi terjadinya longsor di jalur Waode Buri-Labuan,

Plt Kepala Dinas PU Wawan Wardayah
Wawan Wardayah

Plt Kepala Dinas PU Wawan Wardayah mengatakan, di sepanjang jalur itu, masih terdapat beberapa tebing dan sejumlah titik rawan longsor dan potensi pohon tumbang. Sehingga, lanjut dia, alat yang telah disiapkan itu, dapat langsung dioperasikan jika mendadak dibutuhkan.

“Di sana kita sudah siapkan alat, dua Excavator dan satu Grader. Jadi standby setiap saat karena bisa longsor itu kan dari tebing, dan pohon-pohon tumbang, itu setiap saat standby untuk digunakan,” kata Wawan saat ditemui di Lapangan Raja Jin, Kamis (1/6/2017).

iklan zonasultra

Diakui, jalur itu terdapat beberapa tebing di pinggir jalan memang cukup mengkhawatirkan, terlebih dengan kondisi curah hujan yang cukup tinggi seperti saat ini. Olehnya itu, kedepan ia berencana untuk melakukan perkuatan pada tebing-tebing tersebut.

“Ya, rawan itu di kala hujan, memang di sana tebingnya itu rata-rata lebih dari 20 meter, karena waktu pembangunan itu lereng yang dicut, yang digali. Mungkin akan ada lanjutan perkuatan tebingnya,” ungkapnya.

Wawan berharap, pemerintah pusat dapat mengucurkan bantuan untuk pekerjaan tersebut mengingat jalan yang terbentang di pantai utara butur itu merupakan akses menuju jalan Nasional, serta menuju ke pelabuhan utama.

“Mungkin kita dibantu dengan pusat, karena itu akses ke jalan nasional, mudah-mudahan pemerintah bisa membantu. Ini kan akses ke jalan nasional dan ke pelabuha utama, itu biasanya pemerintah ngebantu untuk kegiatan penguatan tebing,” harapnya. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib