iklan zonasultra

AS Thamrin-Ld Monianse Resmi Ditetapkan Jadi Walikota dan Wakil Wali Kota Baubau

AS Thamrin-Ld Monianse Resmi Ditetapkan Jadi Walikota dan Wakil Wali Kota Baubau
PLENO - Hasil rekapitulasi suara, pasangan nomor urut 2 yakni AS Tamrin dan La Ode Monianse ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih dengan perolehan 23.573 suara. (Asmar Iyan/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – KPUD Baubau menggelar pleno penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau terpilih, Senin 13 Agustus 2018.

Pleno digelar di pelataran kantor KPUD Baubau, dihadiri Ketua DPRD Kota Baubau, Kamil Adi Karim, Sekot Baubau Roni Muchtar, Kapolres Baubau AKBP Daniel Widya Muchram, Dandim 1413 Buton Letkol Inf Davy Darma Putra dan pimpinan partai pengusung pasangan calon. Sementara perwakilan pasangan calon (Paslon) hanya dihadiri Calon Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse.

Hasil rekapitulasi suara, pasangan nomor urut 2 yakni AS Tamrin dan La Ode Monianse ditetapkan sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih dengan perolehan 23.573 suara.

Ketua KPUD Baubau, Edi Sabara menjelaskan, penetapan Wali Kota dan Wali Kota Baubau ini ditetapkan dalam surat keputusan KPU Baubau NOMOR :922/PL.03.7-Pu/7472/Kota/VIII/2018.

(Baca Juga : Gugatan Ditolak, KPU Baubau Segera Tetapkan Tampil Manis)

“Berdasarkan Surat keputusan tersebut, KPU Baubau resmi mengumumkan bahwa pasangan nomor urut 2 yakni AS Tamrin dan La Ode Monianse dinyatakan pasangan terpilih dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau Tahun 2018 yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Nasdem, dengan perolehan suara sebanyak 23.573 atau 31,11 persen dari total suara sah,” ungkapnya.

Ketua DPRD Kota Baubau, Kamil Ady Karim mengatakan surat keputusan hasil pleno saat ini sudah diserahkan kepada DPRD Kota Baubau untuk ditindaklanjuti hingga ditahapan proses pelantikan.

“Hasilnya sudah kami terima dari KPUD Kota Baubau, selanjutnya akan ditindaklanjuti dewan. Hasil konsultasi dengan sekretaris dewan, rencananya berkas tersebut akan diproses paling lambat Rabu lusa,” bebernya.

Dikatakan, bila tak ada aral melintang, rencanyannya, pelantikan akan berlangsung pada 20 September ini. “Mudah-mudahan tidak bergeser,” singkatnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota terpilih, La Ode Ahmad Monianse menyampaikan permohonan maaf karena calon wali kota terpilih tidak berkesempatan menghadiri rapat pleno karena sedang berada di luar daerah.

“AS Tamrin saat ini sedang berada di Jakarta, dijadwalkan baru tiba di Kota Baubau Selasa besok,” jelasnya.

Ketua DPC PDIP ini juga memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah menyukseskan pemilihan kepala daerah di Kota Baubau yang berlangsung dengan tertib dan damai.

“Apresiasi kepada pihak keamanan, insan pers, penyelenggara, panwas dan semua pihak sehingga pesta demokrasi ini berjalan dengan baik,” ungkapnya.

(Baca Juga : Tampil Manis Apresiasi Putusan MK)

Ditempat yang sama, Kapolres Baubau, AKBP Daniel Widya Muchram Sik mengatakan dalam pleno penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau terpilih ini pihaknya menurunkan Sedikitnya 150 personil gabungan dari Polri dan TNI.

150 itu terdiri dari 80 personil Polres Baubau , Brimob Batauga 24 orang, Kodim 1413 Buton 30 orang dan Polres Buton 22 orang.

“Meski rangkaian pelaksanaan Pilkada serentak sudah selesai, namun Polres Baubau terus akan menyiagakan personil hingga pelaksaanaan Pemilihan legislatif dan Pilpres di Kota Baubau,” tandasnya. (B/CR3)

 


Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib