Honda

Bayi Penderita Hidrosefalus Asal Koltim Dirujuk ke Makassar

Bayi Penderita Hidrosefalus di Koltim Butuh Uluran Tangan
BAYI HIDROSEFALUS - Muhammad Hafizakairi atau Hafiz, bayi berusia 3 bulan yang menderita penyakit hidrosefalus atau pembesaran kepala akbat cairan berlebih. (Foto : Samrul/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,TIRAWUTA– Muhammad Hafizakairi atau Hafiz, bayi berusia 3 bulan yang menderita penyakit hidrosefalus atau pembesaran kepala akibat cairan berlebih bakal dibawa ke Rumah Sakit Wahidin Makassar pada Sabtu (12/10/2019).

Putra pertama pasangan Usman (22) dan Quratulaini (21), warga Desa Penanggosi, Kecamatan Lambandia, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) ini, sudah mendapatkan surat rujukan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Benyamin Guluh Kolaka.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Koltim, Barwik Sirait mengungkapkan, penyakit yang dialami Hafizakairi tidak bisa ditangani di Koltim, begitu pula di provinsi.

iklan zonasultra

“Setelah kita temukan kami sarankan untuk mengambil rujukan di rumah sakit Kolaka. Surat rujukannya ke Rumah Sakit Wahidin sudah ada,” kata Barwik, saat dikonfirmasi via telepon, Kamis (10/10/2019).

Dikatakannya, untuk menangani penyakit hidrosefalus sangat membutuhkam multi disiplin ataupun multi keahlian. “Di sana nanti dilihat observasinya, tindakannya karena yang menentukan tim medis dari Rumah Sakit Wahidin,” ujarnya.

(Baca Juga : Bayi Penderita Hidrosefalus di Koltim Butuh Uluran Tangan)

Barwik menjelaskan pula, selama pengobatan nanti di Rumah Sakit Wahidin, si penderita menggunakan BPJS. Namun, transportasi dan ongkos lainnya dalam perjalanan ke Rumah Sakit Wahidin dihendel oleh Ketua Tim Penggerak PKK, Surya Adelina Hutapea, istri camat Lambandia, dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

“Termasuk juga teman-teman SKPD ikut berpartisipasi sebagai bentuk kepedulian sosial,” terangnya.

Sementara itu, Usman, orang tua Hafiz mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah Koltim dalam hal ini bupati dan istri. “Terima kasih pula kepada pak camat dan ibu camat Lambandia dan semua yang telah membantu kami. Doakan semoga anak kami bisa sehat dan sembuh dari penyakit,” kata Usman saat dihubungi via telepon, Kamis (10/10/2019) pukul 17.30 wita. (A)

 


Kontributor : Samrul
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib