iklan zonasultra

Beraktivitas di Siang hingga Sore, Waspada Awan Comulunimbus Disertai Petir

Beraktifitas di Siang hingga Sore, Waspada Awan Comulunimbus Disertai Petir
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan kepada warga untuk mewaspadai masa transisi.

Prakirawan Cuaca Stasiun Maritim Kendari Adi Istiyono mengatakan, masa transisi yaitu masa awal perubahan musim kemarau ke musim hujan.

Di mana dimasa transisi ini pertumbuhan awan mulai berkembang menjadi awan comulunimbus.

iklan zonasultra

Awan comulunimbus merupakan sebuah awan vertikal menjulang yang sangat tinggi dan padat. Comulunimbus berasal dari bahasa Latin, “cumulus” berarti terakumulasi dan “nimbus” berarti hujan. Awan ini terbentuk sebagai hasil dari ketidakstabilan atmosfer.

“Ini awan yang disertai angin kecang, petir dan guntur, dan perlu juga diwaspadai puting beliung. Karakter hujan seperti ini biasanya terjadi pada siang dan sore hari karena kondisi atmosfer yang sangat labil,” ungkap Adi kepada zonasultra, Selasa (30/10/2018).

Selain itu, masa transisi atau masa peralihan musim, perlu juga diwaspadai beberapa fenomena cuaca ektrim diantaranya potensi hujan deras disertai angin kencang dalam waktu singkat dalam kategori kejadian lokal, hujan disertai petir dan potensi terjadinya puting beliuang.

“Dimasa transisi terjadi pembentukan awan konvektif (awan hujan) cukup intensif sehingga muncul cuaca ektrim,” tukasnya.

Sebelumnya, Kepala Stasiun Klimatologi Ranomeeto Aris Yunatas dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (25/10/2018) mengatakan, untuk wilayah Bombana bagian utara dan Kolaka, musim hujan diperkirakan awal hingga akhir November dengan sifat hujan di atas normal.

Sedangkan untuk Koltim, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, diperkirakan memasuki awal musim hujan sekitar akhir September hingga pertengahan Desember 2018 dengan sifat hujan di atas normal.

Sementara wilayah yang diperkirakan masuk awal musim hujan pada akhir November hingga pertengahan Desember 2018 adalah Bombana, Konawe Kepulauan, dan Kota Kendari dengan sifat hujan normal, serta Baubau, Buton, Buton Selatan, Buton Utara, Muna, dan Wakatobi untuk sifat hujan di atas Normal.

Untuk prakiraan awal musim hujan pada awal hingga akhir Desember 2018 ialah beberapa wilayah di Kabupaten Bombana, Buton Tengah, sebagian wilayah Muna, serta Muna Barat dengan sifat hujan di atas normal. (B)

 


Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib