Tampilan Desktop



Bulan Depan, Aturan Main Pilkada Rampung
17 Dibaca

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah menyatakan, saat ini mereka sedang melakukan revisi draft PKPU. Rencananya, pekerjaan itu tuntas dalam pekan ini dan segera dilakukan uji publik. Dari 10 PKPU

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah menyatakan, saat ini mereka sedang melakukan revisi draft PKPU. Rencananya, pekerjaan itu tuntas dalam pekan ini dan segera dilakukan uji publik. Dari 10 PKPU yang disiapkan untuk pelaksanaan pilkada serentak, ada tiga draf PKPU yang telah selesai pembahasannya di tingkat internal yakni, PKPU tentang tahapan, PKPU tentang logistik, dan PKPU tentang partisipasi masyarakat.

“Selanjutnya akan kita bahas juga PKPU kampanye, pemutakhiran data pemilih, dan pencalonan. Rencananya, minggu ketiga dan keempat di bulan Maret ini, kita sudah bisa berkonsultasi dengan pemerintah dan DPR,” jelas Ferry di Jakarta, Selasa (10/3/2015).

Ada beberapa hal yang menjadi perdebatan terkait PKPU tentang tahapan pilkada. Para komisioner berbeda pandangan tentang penentuan waktu pelaksanaan pemungutan suara. Terdapat tiga alternatif hari H pemungutan suara, yakni tanggal 2, 9, dan 16 Desember 2015.

Ketiga waktu tersebut sudah dilakukan simulasi masing-masing untuk melihat sisi positif dan negatifnya dari berbagai aspek, termasuk pengaruhnya terhadap logistik, sosialisasi, bimbingan teknis, dan persoalan sengketa.(*/Iman)

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com