iklan zonasultra

Busel dan Koltim Jadi Lokasi KKN Mahasiswa USN Kolaka

Wakil Rektor I Bidang Akademik USN Kolaka, Ruslin Hadanu
Ruslin Hadanu

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal ditempatkan di dua kabupaten yakni Buton Selatan (Busel) dan Kolaka Timur (Koltim). Sekiranya ada sekitar seribuan lebih mahasiswa USN Kolaka ditempatkan di dua kabupaten tersebut.

Wakil Rektor I Bidang Akademik USN Kolaka, Ruslin Hadanu mengatakan saat ini tim sedang melakukan survei di dua kabupaten tersebut. Survei tersebut dilakukan untuk mendapatkan dan memastikan tempat tinggal bagi mahasiswa selama menjalani masa KKN.

Iklan Zonasultra

“Berbeda dengan tahun sebelumnya, sekarang direncanakan tidak ada lagi posko. Sesuai perintah rektor, mereka akan tinggal di rumah-rumah warga yang bersedia menampung mereka. Mungkin dua sampai lima orang satu rumah,” jelasnya saat ditemui di Kampus USN Kolaka, Kamis (25/7/2019).

Ruslin menjelaskan, di Koltim mahasiswa USN Kolaka akan ditempatkan di desa-desa terdampak banjir yang terjadi awal Juni 2019 lalu. Sedangkan untuk desa-desa di Busel, akan disesuaikan dengan jumlah mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta KKN.

(Baca Juga : Kantongi IPK 4.0, Anak Petani Sawit Jadi Lulusan Terbaik USN Kolaka)

Sementara pemberangkatan mahasiswa KKN diupayakan dalam waktu dekat ini setelah tim menyelesaikan survei dalam rangka memastikan rumah-rumah warga yang siap menerima mahasiswa KKN USN Kolaka.

Kata dia, hasil survei tersebut yang berupa foto (gambar kondisi desa) selanjutnya dipresentasikan di hadapan mahasiswa. Mahasiswa kemudian bisa memilih lokasi di mana tempat mereka mengimplementasikan disiplin ilmunya dan melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Kita upayakan sebelum 17 Agustus 2019 mereka sudah ada di lokasi KKN, sehingga bisa ikut terlibat pada kegiatan masyarakat di lokasi KKN-nya,” tambahnya.

(Baca Juga : 583 Mahasiswa IAIN Kendari KKN di Konawe)

Berbeda dengan KKN terdahulu, kemungkinan mahasiswa peserta KKN tahun ini tidak akan diberikan pembekalan sebelum berangkat ke lokasi KKN. Mereka hanya diberikan arahan oleh pembimbing masing-masing.

Oleh karena itu ia mengingatkan kepada para mahasiswa agar selama berada di lokasi KKN sebisanya menjaga citra dan nama baik almamater kampus merah marun itu. Mereka mesti menjaga etika dan berperilaku sopan selayaknya orang yang berpendidikan dan berilmu. Jangan mudah dibujuk dan diajak melakukan sesuatu hal yang dapat mencoreng nama kampus USN Kolaka. (b)

 


Kontributor: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib