iklan zonasultra

Butur Catat Dua Kasus Baru Covid-19 dari Klaster Sporadis

Butur Catat Dua Kasus Baru Covid-19 dari Klaster Sporadis

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat tambahan dua kasus baru Covid-19. Kasus ini berasal dari klaster sporadis atau tidak diketahui sumber penyebarannya.

Berdasarkan data kewaspadaan terintegrasi Gugus Tugas Covid-19 Butur yang dirilis Selasa, 13 Oktober 2020, pukul 18.30 WITA, tercatat satu kasus baru konfirmasi positif dari wilayah kerja Puskesmas Kulisusu. Beberapa hari sebelumnya juga telah ditemukan kasus terkonfirmasi positif dari wilayah kerja puskesmas yang sama.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Butur, dr. Muhammad Ali Badar mengatakan, dalam dua minggu terakhir tercatat dua kasus terkonfirmasi positif dari klaster sporadis dan masuk melalui UGD RSUD dan UGD Puskesmas. Sehingga, kata Ali Badar, kondisi tersebut membuat wilayah Butur mengalami transmisi lokal.

“Kedua pasien dari wilayah kerja Puskesmas Kulisusu. Pasien baru sekarang sudah dirawat di RS Palagimata. Sedangkan pasien positif sebelumnya masih isolasi di RS Bahteramas,” ujarnya, saat dikonfirmasi via seluler.

Pasien terkonfirmasi positif sebelumnya diketahui berdasarkan hasil swab pada 2 Oktober 2020. Sedangkan pasien baru yang terkonfirmasi berdasarkan hasil swab pada 13 Oktober.

Ali Badar berharap pelaksanaan protokol kesehatan terus ditingkatkan. Terlebih, kata dia, semua unsur yang tergabung dalam satuan tugas untuk selalu mengimbau masyarakat agar tidak terjadi peningkatan kasus yang signifikan.

“Acara-acara malam yang bisa menyebabkan risiko penularan ditiadakan dulu. Karena kedua kasus terbaru tersebut menjadi contoh bahwa kita akan mengetahui pasien terpapar setelah bergejala dan masuk di fasilitas pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, laporan pemeriksaan swab, kata dia, 33 sampel sementara menunggu hasil dari total 143 sampel yang dilakukan pemeriksaan. (b)

 


Kontributor: Ifang Wilyas
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib