iklan zonasultra

Camat Wakorumba Utara Keluhkan Ambulans ke Bupati

Camat Wakorumba Utara Keluhkan Ambulans ke Bupati
Penyambutan - Penyambutan Bupati Buton Utara, Abu Hasan, bersama rombongan, saat menghadiri jambore dokter kecil, konselor sebaya dan tim UKS plus, Nusantara sehat award Puskesmas Wakorumba Utara, di Labuan (13/10/2019). (Foto Istimewa).

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Camat Wakorumba Utara Kabupaten Buton Utara (Butur) La Ode Salama, mengaku pelayanan kesehatan pada dua Puskesmas di wilayahnya sudah berjalan masksimal. Namun, dia masih melihat ada kendala yang menurutnya perlu untuk mendapat perhatian serius yakni soal mobil ambulans.

Kunjungan Bupati Butur, Abu Hasan, bersama rombongan di Labuan pada Minggu (13/10/2019) kemarin, dimanfaatkan sang camat untuk menyampaikan problem tersebut. Harapannya, agar bisa tersahuti oleh pucuk pimpinan daerah.

Baca Juga : Mesin PLN Ereke Gangguan, Listrik Butur Disuplai PLTMG Baubau

iklan zonasultra

Saat memberikan sambutan, La Ode Salama, menyampaikan kesulitan yang dialami warganya. Ketika hendak dirujuk dari puskesmas untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut, kerap terkendala kondisi mobil ambulans, yang sudah tidak memungkinkan lagi untuk digunakan mengantar pasien.

Dia mengungkapkan, dari dua puskesmas yang dibangun pemerintah daerah di wilayah Wakorumba Utara, satu di antaranya sudah tak memiliki mobil ambulans yang layak digunakan. Sehingga, proses rujuk pasien ke RSUD ataupun ke Kendari, menjadi terhambat.

“Oleh karena itu, mungkin dengan kehadiran pada kegiatan saat ini, kami memohon kepada bapak Bupati Buton Utara, melalui Kepala Dinas Kesehatan, semoga mobil ambulans yang ada di Kecamatan Wakorumba Utara, mendapat tambahan pada tahun-tahun yang akan datang,” tutur La Ode Salama.

Kepala Dinas Kesehatan Butur, Muhammad Kasrul, yang juga hadir pada acara tersebut pun tak menampik, perihal kendala yang disampaikan oleh Camat Wakorumba Utara. Bahkan, dia pun mengaku pernah melihat langsung, bagaimana sulitnya proses rujuk pasien di Puskesmas Labaraga.

“Memang, saya dapatkan ada masalah di perjalanan saya. Saya tiba di Puskesmas Labaraga, saya singgah, ada pasien yang akan dirujuk, tetapi mobilnya rusak. Akhirnya, saya minta Puskesmas Labuan, saya perintahkan supaya tolong mobilnya antar pasien ini ke Kendari, sekarang juga. Akhirnya pasien itu di antar ke Kendari,” ungkapnya.

Bupati Butur, Abu Hasan, menyahuti usulan yang disampaikan La Ode Salama. Menurutnya, aspirasi tersebut, memang penting dan perlu untuk ditindaklanjuti.

Baca Juga : Pemkab Butur Dorong Pemanfaatan Lahan dengan Menanam Umbi-Umbian

“Saya menyambut baik usulan pak camat terkait dengan mobil ambulans. Mudah-mudahan 2020 Puskesmas Wakorumba Utara bisa kita bantu,” kata Abu Hasan.

Lebih lanjut, Ketua DPD PDI Perjuangan Sulawesi Tenggara itu menyatakan, bukan hanya puskesmas di Wakorumba Utara saja yang akan dibantu. Semua puskesmas yang tersebar di wilayah Butur, harus diperhatikan, khususnya terkait dengan mobil ambulans.

“Bahkan saya berpikir, semua puskesmas harus dibantu. Karena ternyata ambulans-ambulans yang ada di puskesmas sudah rusak, hampir-hampir sudah tidak layak untuk kita gunakan,” tuturnya. (C)

 


Kontributor : Irsan R
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib