iklan zonasultra

Cegah Corona, Petugas Lakukan Penyemprotan KMP Bontoharu

Cegah Corona, Petugas Lakukan Penyemprotan KMP Bontoharu
Penyemprotan - Sebanyak 66 penumpang KMP Bontoharu dengan rute penyeberangan Bira-Sikeli-Kasipute-Tondasi diperiksa kesehatannya, Kamis (26/3/2020) malam tadi. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di Muna Barat (Mubar). (Kasman/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Untuk mencegah penyebaran virus corona, petugas gabungan dari Puskesmas Tondasi, BPBD Mubar, Polsek Tiworo Tengah dan Danramil Tiworo Kepulauan (Tikep) melakukan penyemprotan cairan disinfektan di KMP Bontoharu di Pelabuhan Tondasi Kabupaten Muna Barat.

Tercatat ada 20 kendaraan roda dua dan 13 mobil truk disemprotkan disinfektan di seluruh badan truk oleh BPBD Mubar.

Iklan Zonasultra

Baca Juga : Problem Corona, Pemkab Mubar Tegaskan Pasar Tetap Dibuka

Selain melakukan penyemprotan, petugas juga memeriksa kesehatan penumpang. Ada 66 penumpang KMP Bontoharu dengan rute penyeberangan Bira-Sikeli-Kasipute.

Camat Tiworo Utara, Sukarti Lyckra mengungkapkan kegiatan yang merekan lakukan ini, mengacu pada intruksi Bupati Muna Barat, La Ode M Rajiun Tumada terkait pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satu dari instruksi itu adalah pemantauan kesehatan penumpang dan kendaraan masuk dan keluar di Mubar melalui Pelabuhan Ferry Tondasi.

“Jadi para penumpang ini kan dari luar daerah endemik yakni Sulawesi Selatan. Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona ini, kita melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh penumpang dan melakukan penyemprotan disinfektan kepada penumpang, kendaraan dan kapal KMP Bontoharu ini,” kata Sukarti Lyckra saat ditemui di Pelabuhan Tondasi, Kamis (26/3/2020) malam tadi.

Sementara itu, salah satu tim medis, dr Alfin Johan mengatakan dari 66 penumpang yang dilakukan pemeriksaan kesehatan, ditemukan ada tiga penumpang yang mengalami batuk dan sakit tenggerokan. Akan tetapi, berdasarkan hasil tes suhu tubuh ketiga penumpang ini normal.

Baca Juga : Problem Corona, Pemkab Mubar Tegaskan Pasar Tetap Dibuka

“Hasil pemeriksaan kami, ada 3 penumpang yang berstatus ODP. Mereka mempunyai gejala batuk dan sakit tenggorokan, kita menduga itu disebabkan oleh rokok,” jelasnya.

Untuk diketahui, KMP Bontoharu tiba di Pelabuhan Tondasi, Kecamatan Tiworo Utara dari Pelabuhan Bira, Sulsel, sekitar pukul 22.00 wita. Tim Gugus Tugas penanganan Covid 19 Mubar yang beranggotakan BPBD, Dinkes, kepolisian dan TNI langsung memeriksa suhu tubuh seluruh penumpang dan melakukan penyemprotan disinfektan. B

 


Kontributor : Kasman
Editor : Rosnia

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib