iklan zonasultra

iklan zonasultra

Cuaca Sultra Cerah Berawan, BMKG: Belum Kemarau

Cuaca Sultra Cerah Berawan, BMKG: Belum Kemarau

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Dalam kurun waktu empat hari terakhir ini cuaca Sulawesi Tenggara (Sultra) pada umumnya cerah berawan, yang sebelumnya hujan sedang hingga lebat terus mengguyur wilayah ini dengan intensitas yang cukup lama.

Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Adi Istiyono menjelaskan, dari pantauan satelit citra milik BMKG, terpantau kelembaban pada lapisan atmosfer mulai kering sehingga pembentuk awan hujan jarang terjadi dan kecepatan angin pun lebih kuat dibanding sebelumnya.

Meski demikian, kondisi cerah berawan ini masih berlangsung fluktuatif. Sebab kondisi lokal masih mendukung untuk terjadinya hujan dalam durasi singkat dan secara umum sudah berkurang dalam beberapa hari terakhir.

“Namun untuk dikatakan musim kemarau atau pancaroba masih diamati kondisinya,” ungkap Adi Istiyono kepada zonasultra.com, Selasa (12/6/2018).

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat yang menjalankan aktivitas liburan dan mudik lebaran untuk tetap waspada terhadap perubahan cuaca yang tidak menentu, agar kesehatan dan keselamatan dalam perjalanan dapat terjaga dengan baik.

“Kita berdoa kondisi tetap stabil hingga lebaran nanti. Agar arus mudik tetap lancar,” tukasnya.

Untuk kondisi ketingggian gelombang laut, saat ini ada dua titik yang perlu diwaspadai oleh kapal nelayan ataupun penumpang yakni Perairan Wakatobi dan Laut Banda Timur Sultra yang ketinggiannya bisa mencapai 2 meter. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib