iklan zonasultra

Curi Satu Tabung Gas Kosong, Dua Pria Koltim Ditahan

Curi Satu Tabung Gas Kosong, Dua Pria Koltim Ditahan
PENCURIAN-Apes menimpa dua pria warga lorong Sinjai, Desa Tinenggi, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara berinisial UP (19) dan AS (26). Keduanya ditangkap polisi gara-gara mencuri satu buah tabung gas kosong. (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KONAWE– Dua pria warga Lorong Sinjai, Desa Tinenggi, Kecamatan Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara berinisial UP (19) dan AS (26) ditangkap polisi gara-gara mencuri satu buah tabung gas kosong.

Kepada polisi, mereka mengaku baru pertama kali melakukan pencurian tabung gas kosong seperti itu. Mereka terpaksa melakukan karena tak punya uang membeli bensin untuk mobil yang dipinjamnya.

Namun apapun alasannya, proses hukum tetap lanjut. Polisi telah menetapkan tersangka dan menahan kedua pelaku guna menjalani proses hukum. Kedua pelaku saat ini masih dititip di rumah tahanan Polres Konawe.

iklan zonasultra

“Atas perbuatannya itu, kedua pelaku kami kenakan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara. Kami juga sudah melakukan pemeriksaan terhadap tiga orang saksi, ” ucap Kapolsek Onembute, IPTU Arman pada zonasultra.com, Senin (25/2/2019) malam.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat (22/2/2019) lalu sekitar pukul 18.30 wita. Kedua pelaku bergerak dari arah Kota Kendari menggunakan mobil Xenia silver. Mobil tersebut dipinjam pelaku dari rekannya yang tinggal di Kendari.

Sesampainya di Kelurahan Onembute, Kabupaten Konawe, bensin kendaraan yang digunakan pelaku nyaris habis. Karena tak punya duit untuk membeli bensin maka keduanya memutuskan untuk mencuri.

“Keduanya lalu singgah di kios milik H Emang (42) tahun untuk membeli plester luka. AS berpura-pura membeli dengan uang Rp 5 ribu. Saat korban mengambil uang kembaliannya, pelaku UP mengambil tabung gas kosong yang ada di samping warung dan memasukannya ke dalam mobil. Kebetulan mobil sengaja di parkir pelaku di dekat warung sehingga mudah memasukan tabung gas yang dicuri, ” beber Arman.

Setelah berhasil mengambil sebuah tabung gas kosong, kedua pelaku lalu menjualnya di tetangga kios korban. Mereka menjaulnya dengan harga Rp 80 ribu. Uang sebanyak itu kemudian dipakai membeli bensin.

Kedua pelaku kemudian bergeser menuju salah satu masjid yang letaknya satu kilometer dari kios korban. Di masjid, rupanya AS mampir sejenak untuk buang air besar. Selepas itu, kedua pelaku mondar-mandir di sekitar kios dimana tabung gas tadi dijual.

Saat keduanya mampir dan sementara duduk-duduk di kios tersebut, anggota polisi dari Polsek Onembute langsung mendatangi dan mengamankannya pada hari itu juga, Jumat (22/2/2019) . Barang bukti berupa tabung gas serta kendaraan yang digunakan pelaku turut diamankan. (B)

 


Kontributor : Samrul
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib