iklan zonasultra

Dana Desa 2019 di Konut Terancam Tak Disalurkan

Kepala DPMD Konut Yade Rianto
Yade Rianto

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Penyaluran dana desa (DD) 2019 di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) terancam tak disalurkan lantaran banyak laporan pertanggungjawaban (LPJ) penggunaan DD 2018 belum disetorkan ke Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Konut.

Kepala DPMD Konut Yade Rianto mengatakan, sampai saat ini pelaporan administrasi kegiatan DD di 2018 yang masuk di instansinya baru mencapai 50 persen. Padahal, pengelolaan dananya telah tuntas.

iklan zonasultra

Yade menegaskan memberikan batas waktu sampai 11 Februari kepada para kepala desa yang belum menyetorkan laporan kegiatannya untuk segera dituntaskan.

(Baca Juga : DPMD Konut Minta Masyarakat Ikut Awasi Penggunaan Dana Desa)

“Sampai 11 Feberuari sudah harus tuntas semua disetorkan ke DPMD. Jika tidak maka penyaluran dana desanya untuk 2019 jelas ditunda,” kata Yade, Minggu (10/2/2019).

Yade mengungkapkan, keterlambatan masuknya LPJ kades di instansinya, selain keterlambatan pencairan dana desa pada tahap lll, juga banyak terdapat kesalahan pada laporan administrasi kegiatannya sehingga kembali diadakan perubahan.

Pada 2018, total DD di Konut berjumlah Rp110 miliar yang disalurkan ke 159 desa dengan jumlah bervariasi. Pada tahun ini dana desa naik Rp14 miliar menjadi Rp124 miliar. Pengelolaannya tetap pada fisik dan pemberdayaan yang dihasilkan melalui rapat musyawarah desa. (b)

 


Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib