Diduga Arus Pendek, Rumah Kades Patikala di Kolut Terbakar

240
Diduga Arus Pendek, Rumah Kades Patikala di Kolut Terbakar
KEBAKARAN - Rumah milik Faisal Kepala Desa Patikala Kecamatan Tolala, Kabupaten Kolaka Utara (kolut) Rata dengan tanah setelah di lalap si jago merah, peristiwa kebakaran tersebut sekitar pukul 24:00 wita Kamis (29/11/2018). (Rusman Edogawa/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Rumah milik Faisal, Kepala Desa Patikala, Kecamatan Tolala, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra) rata dengan tanah setelah dilalap si jago merah, Kamis (29/11/2018) malam sekitar pukul 23.57.

Kasubag Humas Polres Kolut Ipda Yospin mengatakan, pertama kali kebakaran itu diketahui oleh istri kades. Saat itu Faisal sudah tertidur dan tiba-tiba dibangunkan oleh istrinya karena mendengar suara ledakan dari atas rumah. Ternyata api sudah membesar dan Faisal langsung berlari menyelamatkan istri dan anaknya.

Api yang semakin membesar juga merembet ke rumah sebelah yang merupakan rumah orangtua Faisal. “Rumah orang tuanya juga ikut terbakar,” kata Ipda Yospin, Jumat (30/11/2018).

iklan zonasultra

Kapolsek Tolala Ipda Rahman mengatakan, dugaan sementara kebakaran itu dipicu akibat arus pendek listrik di mana Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) yang ada di Desa Patikala tiba-tiba berfungsi. Selama ini warga sekitar tidak teraliri listrik karena debit air pada pembangkit berkurang.

Diduga Arus Pendek, Rumah Kades Patikala di Kolut Terbakar“Tiba-tiba PLTMH berfungsi kemungkinan intilasi kurang bagus sehingga terjadi korslet, karena penyebab lain kebakaran seperti anti nyamuk dan sebagainya tidak ada, sementara sumber api dari bagian depan rumah,” jelas Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, meskipun tidak ada korban jiwa namun semua barang berharga, dan dokumen penting milik kades tidak dapat diselamatkan.

Pada saat kebakaran beberapa warga membantu dengan alat seadanya namun tidak dapat menjinakkan api. Pemadam kebakaran yang dihubungi juga tidak bisa datang karena terkendala akses yang cukup jauh.

“Saat ini kita sedang melakukan olah TKP untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran itu. Sementara kerugian materil diperkirakan sekitar Rp400 juta dari kedua rumah tersebut,” tandasnya. (b)

 


Reporter: Rusman Edogawa
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib