iklan zonasultra

Dikbud Bombana Tetapkan 398 Mahasiswa Penerima Beasiswa

Kepala Dikbud Bombana, Abdul Rauf Abidin
Abdul Rauf Abidin

ZONASULTRA.COM, RUMBIA– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) menetapkan sebanyak 398 mahasiswa penerima bantuan beasiswa. Jumlah tersebut merupakan hasil seleksi administrasi dan faktual dari setiap data mahasiswa untuk penerima di tahun ajaran 2019-2020.

Kepala Dikbud Bombana, Abdul Rauf Abidin mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan verifikasi secara akurat terhadap berkas para penerima sejak pertengahan 2019 lalu. Kata dia, dari total 429 berkas mahasiswa yang ditampung, ada 418 jumlah calon penerima yang dinyatakan lulus berkas.

Iklan Zonasultra

“Kami sudah periksa semua dan sudah ditetapkan sebanyak 398 orang total penerima beasiswa Gembira Cerdas untuk di tahun ajaran 2019-2020,”ungkap Abdul Rauf di ruang kerjanya, Senin (23/12/2019).

Menurut Rauf, jumlah penerima beasiswa di Bombana untuk tahun ini menurun. Hal itu disebabkan adanya perubahan nilai mahasiswa yang cukup signifikan. Artinya, pihak Dikbud menemukan ada unsur rekayasa nilai dari kalangan mahasiswa yang dinyatakan gugur berkas.

“Ada yang awalnya menginput nilai dan tertera nilai IPK-nya 4,0 di tahun sebelumnya. Tiba-tiba setelah keluar nilainya hanya 2,0 berdasarkan hasil verifikasi langsung di kampus,” bebernya.

Abdul Rauf pula menyebutkan, para penerima beasiswa hanya ada di beberapa kampus yang tersebar di dua provinsi, yakni kampus di Sultra dan Sulawesi Selatan. Penerima terbanyak tentunya dari kampus yang ada di Sultra.

Karena itu, ia meminta kepada seluruh mahasiswa asal Bombana yang nilainya mencapai target sesuai indikator agar mendaftarkan diri untuk calon penerima beasiswa di tahun berikutnya. Sebab, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 500 kuota untuk bantuan Gembira Cerdas yang bersumber dari dana APBD.

“Intinya ada 500 kuota yang disiapkan dan hasil penetapan kemarin masih menyisakan seratusan kuota,” tutupnya. (B)

 


Kontributor : Muhammad Jamil
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib