iklan zonasultra

Dinas PU Bombana Benahi Jembatan Ambruk di Kabaena

Dinas PU Bombana Benahi Jembatan Ambruk di Kabaena
PERBAIKAN JEMBATAN - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabuoaten Bombana membenahi jembatan ambruk di desa Emokolo, Kecamatan Kabaena Utara, Selasa (30/4/2019). Rencananya, Jembatan ini akan berubah konstruksi melalui penggunaan Box Culvert pada pembangunan jalan di pulau Kabaena yang telah diagendakan tahun 2019. (MUHAMMAD JAMIL/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah membenahi jembatan ambruk di desa Emokolo, Kecamatan Kabaena Utara. Jembatan tersebut nyaris amblas akibat hujan deras dengan tempo waktu yang cukup lama, Selasa (30/4/2019) dini hari.

Tak menunggu lama, dinas PU Bombana langsung mengerahkan alat berat untuk membenahi jembatan itu, agar bisa memudahkan pengguna jalan untuk sementara waktu.

Kepala Dinas PU Bombana, Man Arfa mengatakan, putusnya akses jalan utama yang menghubungkan antara Kabaena Barat dan Kabaena Timur itu telah dibenahi bersama masyarakat desa setempat. Kata Man Arfa, jika tidak secepatnya dibenahi, aktivitas masyarakat di pulau Kabaena akan terhambat.

iklan zonasultra

Dinas PU Bombana Benahi Jembatan Ambruk di Kabaena(Baca Juga : Jembatan Ambruk, Akses Jalan di Kabaena Terputus)

” Beberapa jam usai kejadian itu, petugas kami langsung menuju lokasi. Hasilnya, jalan itu bisa kembali dilintasi warga setelah dilakukan penimbunan. Itupun hanya untuk sementara waktu,” ungkap Man Arfa di Rumbia, Selasa (30/4/2019).

Man Arfa menyampaikan pesannya untuk seluruh masyarakat di pulau Kabaena bahwa apapun bentuk kerusakan ruas jalan di Kabaena untuk saat ini, tetap dilakukan penanganan yang bersifat sementara dengan alasan faktor cuaca.

Rencananya, poros jalan dari KelurahanDongkala, Kabaena Timur hingga desa Pongkalaero, Kecamatan Kabaena Selatan akan dikerjakan secara permanen melalui sistem rigid beton (betonisasi) dilengkapi dengan Box Culvert.(gorong-gorong beton).

(Baca Juga : Sehari Dilanda Hujan, Jembatan Trans Sulawesi di Kolut Amblas)

Dijelaskan, Box Culvert adalah salah satu jenis beton pracetak yang umumnya berdimensi seperti kubus dengan ukuran yang relatif besar. Fungsi utama dari Box Culvert itu sendiri yaitu sebagai bahan konstruksi pada jalan yang dibantu dengan saluran air.

” Saya sebagai anak Kabaena akan berjuang keras untuk kebaikan daerah saya. Yang jelasnya kerusakan jalan dan jembatan, utamanya di desa Emokolo, desa Enano dan ruas jalan lainnya akan dibenahi dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama,” pungkasnya. (a)

 


Kontributor: Muhammad Jamil
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib