Distanak Sultra Dorong Peningkatan Kapasitas Penyuluh

Distanak Sultra Dorong Peningkatan Kapasitas Penyuluh
DISTANAK SULTRA - Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tenggara Setia Ningsih Mangidi sedang memberikan penjelasan di hadapan sejumlah ketua gabungan kelompok tani asal Pomalaa di Kabupaten Kolaka, Kamis (3/5/2018). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari pembinaan peningkatan kapasitas petani dan penyuluh. (Foto: Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui bidang penyuluhan melakukan pembinaan kepada penyuluh di 14 kabupaten kota se-Sultra. Hari ini pembinaan dilakukan di Kabupaten Kolaka dan Kolaka Utara.

Kepala Bidang Penyuluhan Distanak Sultra Setia Ningsih Mangidi mengatakan, pembinaan tersebut dalam rangka peningkatan kapasitas penyuluh di dua kabupaten itu. Mengingat tantangan dunia kepenyuluhan saat ini sudah sangat berat. Di mana, petani mencari informasi melalui kecanggihan teknologi yang ada guna mengupgrade ilmu terbaru tentang dunia pertanian dan peternakan.

iklan zonasultra

“Sedangkan penyuluh kita yang ada sudah tua dan kurang update teknologi,” ujarnya pada zonasultra.com, Kamis (3/5/2018).

Menurutnya, para penyuluh harus diperkenalkan informasi dan ilmu terbaru untuk dapat menghadapi petani yang juga semakin modern dan berkembang.

Olehnya itu penyuluh diberikan pembinaan agar memanfaatkan teknologi dalam bidang penyuluhan. Sebab, petani zaman sekarang tidak hanya sekedar menerima secara mentah saja semua informasi yang disampaikan oleh penyuluh.

Kegiatan pembinaan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pelatihan yang digelar pada Maret lalu. Dimana, ada 90 penyuluh termasuk petani dari 14 kabupaten dan kota yang mengikuti kegiatan tersebut.

“Jadi ini tidak hanya di Kabupaten Kolaka dan Kolaka Utara saja, tapi di 12 kabupaten lainnya juga tim akan melakukan hal serupa,” ujarnya. (B)

 


Reporter: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib