iklan zonasultra

DKP Konut Terus Lakukan Pemulihan Pascabanjir

DKP Konut Terus Lakukan Pemulihan Pascabanjir
PEMBERSIHAN - Jajaran Dinas Kelautan dan Prikanan (DKP) Konut turun langsung membantu masyarakat lakukan perbaikan rumah dan lingkungan pascabanjir bandang yang melanda beberapa waktu lalu. (Jefri/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Kondisi pascabanjir bandang yang melanda Kabupaten Konawe Utara (Konut), menjadi perhatian besar jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Konut. DKP Konut terus melakukan upaya-upaya pemulihan.

DKP Konut melakukan koordinasi ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk membantu para korban banjir agar memperoleh bantuan. Pihak DKP Konut juga turun langsung membantu warga melakukan pemulihan pascabencana alam yang melanda wilayah Bumi Oheo itu.

Di wilayah Kecamatan Andowia, instansi yang dipimpin oleh Deddi Riyanto Hamid ini melakukan pembersihan, perbaikan dan penataan lingkungan serta rumah-rumah warga. Tak hanya itu, sarana fasilitas umum seperti balai, kantor desa, rumah ibadah, dan sarana pendidikan juga tak luput dari perhatian DKP.

iklan zonasultra

“Kegiatan gotong royong ini merupakan amanah dari pimpinan daerah untuk turun langsung membantu saudara-saudara kita yang terkena musibah. Saat ini kan sudah masuk masa transisi pemulihan, jadi tugas kami semaksimal mungkin melakukan perbaikan dan membenahi fasilitas-fasilitas yang rusak, juga lumpur dan kotoran yang ditimbulkan akibat banjir,” kata Deddi Riyanto Hamid selaku Kepala DKP Konut, di lokasi kegiatan, Jumat (12/7/2019).

Baca Juga : Kodim 1417/Kendari Kembali Bantu Korban Banjir Konut

Dalam kegiatan itu, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Konut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Konut, pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan TNI dari Kodim 1417/Kendari gabungan Koramil Lasolo. Sebagai penunjang tim yang tergabung dalam relawan transisi Pemda Konut ini, mereka menggunakan alat transportasi berupa truk dan peralatan seperti sekop, pacul, dan lainnya.

“Kami turunkan semua mulai staf sampai unsur pimpinan DKP Konut, 25 orang. Kami siaga selalu membantu warga sampai benar-benar tuntas sesuai waktu masa transisi. Alhamdulillah, kesyukuran kami karena masyarakat menyambut baik kedatangan kami. Kami kerja bersama-sama, istrahat bersama-sama dan makan juga sama-sama,” ujar Deddi.

Selama masa pemulihan yang akan berlangsung sampai bulan September 2019 nanti, pihak DKP Konut fokus membantu warga korban banjir. Mengenai soal pelayanan di instansinya, dipastikan tetap berjalan baik tanpa pilih tempat, baik di kantor DKP Konut maupun di lapangan (lokasi kegiatan) pelayanan berjalan.

Baca Juga : Ini Program Pemda Konut Bersama TNI Masa Transisi

“Kami berharap apa yang kami lakukan ini dapat meringankan beban masyarakat korban banjir. Pak bupati dan pak wakil bupati juga terus memberikan dorongan semangat untuk senantiasa bersama masyarakat membantu masa pemulihan saat ini,” terangnya.

Di tempat itu, salah seorang warga korban banjir, Juarpin memberikan apresiasi atas perhatian pemerintah terhadap kondisi mereka yang memerlukan pertolongan. Dikatakannya, sampai saat ini pemda setempat terus memberikan bantuannya baik itu logistik, pelayanan kesehatan, tenaga, dan bahan keperluan lainnya.

“Kami sangat berharap paling tidak kondisi bisa kembali normal. Rumah dan tempat lainnya dapat kembali digunakan seperti biasa. Kalau bantuan dari pemerintah, alhamdulillah sudah dapat membantu kami,” katanya. (B)

 


Reporter:Jefri Ipnu
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib