iklan zonasultra

Dosen FTI USN Kembangkan Produk Inovasi Hasil Aktualisasi

Dosen FTI USN Kembangkan Produk Inovasi Hasil Aktualisasi
FTI USN - Sejumlah dosen Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mengembangkan produk inovasi hasil aktualisasi. (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Sejumlah dosen Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mengembangkan produk inovasi hasil aktualisasi. MMerekaadalah Jayanti Yusmah Sari, Nur Fajriah Muchlis, Mutmainnah Muchtar, Suharsono Bantun, La Ode Hasnuddin S. Sagala, Alders Paliling, dan Rahmat Karim.

Ketujuhnya masing-masing mengembangkan produk inovasi hasil aktualisasi sebagai berikut Roadmap Penelitian FTI USN Kolaka, Aplikasi E-Record Tridharma Dosen, Sistem E-Reminder FTI USN. Kemudian, Website E-Library FTI USN Kolaka, SiTama (Sistem Informasi), Kuliah Daring (KuDa FTI), dan optimalisasi pelaksanaan pembelajaran selama pandemi melalui pengembangan media pembelajaran (OPSI).

Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) USN Kolaka, Qamaddin mengatakan ketujuh dosen ini mengembangkan produk inovasi hasil aktualisasi sebagai peserta Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemendikbud 2020. ” Produk inovasi digital teman-teman dosen ini telah ada hak ciptanya,” jelasnya melalui pesan WhatsApp, Rabu (9/9/2020).

Dijelaskan, roadmap hasil inovasi tersebut akan menjadi acuan tren dan arah penelitian dosen dan mahasiswa agar lebih terarah dan berkesinambungan, sehingga dapat mengoptimalkan penelitian dosen dan mahasiswa di FTI USN Kolaka. Selanjutnya aplikasi berbasis android dan web yang digunakan di lingkungan FTI USN Kolaka untuk membantu dosen merekap dan melaporkan kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat serta membantu dekan dalam memonitor aktifitas tridharma dosen.

Kemudian, sebuah sistem pengingat elektronik jadwal ujian tugas akhir untuk mahasiswa dan dosen di FTI USN Kolaka. Dengan adanya sistem E-Reminder ini, kata dia, baik mahasiswa maupun dosen penguji atau pembimbing akan lebih mudah dalam mengingat jadwal ujian tugas akhir mahasiswa.

“Sehingga pelaksanaan ujian akhir di FTI USN menjadi lebih optimal,” ujarnya.

Masih kata Qamaddin, E-Library FTI USN Kolaka adalah perpustakaan virtual yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital yang bisa diakses di mana saja dan kapan saja dengan komputer atau perangkat gawai.

Sebutnya, untuk mengakses E-Library ini kunjungi http://elibrary.fti-usnkolaka.com/. Salah satu faktor yang membuat minat baca mahasiswa rendah adalah kurangnya buku fisik yang ada di perpustakaan dan juga untuk membeli buku fisik tersebut dibutuhkan biaya yang relatif besar.

“Semoga website E-Library ini menjadi solusi masalah tersebut dan bisa meningkatkan minat baca mahasiswa,” harapnya.

Sementara itu, sistem informasi berfungsi sebagai layanan tugas akhir mahasiswa terutama dalam pengawasan distribusi dosen pembimbing tugas akhir. Sedangkan, kuliah daring FTI (https://sepeda.fti-usnkolaka.com/) merupakan sarana perkuliahan daring FTI USN kolaka.

Kata dia, dengan adanya kuda FTI akan memudahkan dosen dan mahasiswa dalam melaksanakan proses perkuliahan. Dengan harapan perkuliahan daring pada masa pandemi dapat lebih optimal.

Dan, yang terakhir adalah optimalisasi pelaksanaan pembelajaran selama pandemi melalui pengembangan media pembelajaran. Produk ini tidak hanya mengembangkan media pembelajaran sesuai beban RPS tapi juga menyediakan ruang yang fleksibel bagi mahasiswa untuk menuntaskan beban SKS-nya.

Untuk diketahui, produk-produk inovasi hasil aktualisasi ini telah disosialisasikan kepada dosen FTI USN Kolaka lainnya dan mahasiswa. (a)

 


Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib