iklan zonasultra

DPRD Kota Cirebon Puji Capaian Dinas Pariwisata Buton

DPRD Kota Cirebon Puji Capaian Dinas Pariwisata Buton
PARIWISATA BUTON - Kadis Pariwisata Kabupaten Buton, La Ode Abdul Zainuddin Napa bersama rombongan studi banding anggota Komisi III DPRD Kota Cirebon dan stafnya, di kantor Bupati Buton, Rabu (25/4/2018). (Nanang/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM,PASARWAJO – Upaya pembangunan sektor pariwisata yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Pariwisata setempat mendapat pujian dari anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon, Jawa Barat.

Hal itu terungkap dalam kunjungan 11 orang anggota komisi III DPRD Kota Cirebon di Kabupaten Buton yang diterima oleh Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata, La Ode Abdul Zainuddin Napa di aula Kantor Bupati Buton. (25/4/18).

Ketua Komisi III DPR Kota Cirebon Doddy Aryanto mengatakan, kunjungan studi banding rombongannya itu untuk mempelajari kebijakan dan pengembangan sektor pariwasata dan budaya yang gencar dipromosikan Pemda Buton selama lima tahun terakhir ini.

iklan zonasultra

“Kita studi banding di sini karena kita lihat Dinas Pariwisata kabupaten Buton adalah salah satu instansi yang masuk tipe A di Indonesia.Sedangkan kita di Cirebon masih tipe B,” kata Doddy Aryanto.

Selain masuk tipe A dan hanya memiliki 27 pegawai, ternyata Dinas Pariwisatat mampu membuat prestasi dengan menorehkan rekor Muri melalui tarian klosal, penyelenggaraan festival budaya tua Buton dan pengembangan wisata-wisata budaya dan alamnya.

Menurut Doddy, prestasi itu tidak lepas dari kebijakan penganggaran pengembangan pariwisata. Terbukti, walaupun dengan anggaran seadanya (kurang lebih Rp 12 miliar), namun instansi ini mampu mengelolanya dengan baik sehingga banyak menggelar event skala nasional.

“Dari hasil prestasi ini, kami apresiasi kinerja Dinas Pariwisata Buton, dan sangat berbeda dengan anggaran Dinas Pariwisata kami hanya Rp 3 milyar lebih saja,”jelasnya.

Dia berharap, kedepan akan ada kerja sama yang baik dengan Dinas Pariwisata Buton dan Dinas Pariwisata Kota Cirebon. Dan tidak menutup kemungkinan, Komisi III DPRD Kota Cirebon juga akan mengajak Kadis Pariwisata mereka untuk melakukan studi banding di Buton.

Diketahui, acara studi banding ini bertempat aula kantor Bupati Buton pada pukul 14.30 wita dan kesempatan itu turut hadir 11 anggota komisi III DPRD Kota Cirebon, Jawa Barat, pemerintah Kabupaten Buton, diwakili langsung Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Buton La Ode Abdul Zainuddin Napa, beserta beberapa pegawai staf Dinas Pariwisata Buton. (B)

 


Reporter : Nanang
Editor: Abdul Saban
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib