iklan zonasultra

Dua Bangunan di Mandonga Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Dua Bangunan di Mandonga Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik
KEBAKARAN - Insiden kebakaran kebakaran menghanguskan dua bangunan antara lain sebuah rumah dan sebuah kios servis elektronik di Jalan R Suprapto Kelurahan Mandonga, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (21/1/2020) sekitar pukul 12.30 Wita. (Foto: Fadli Aksar/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebuah rumah dan kios servis elektronik di Jalan R Suprapto Kelurahan Mandonga, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (21/1/2020) sekitar pukul 12.30 Wita hangus terbakar.

Menurut saksi mata Nandi (24) awalnya melihat kepulan asap yang muncul dari sebuah rumah, dirinya pun langsung mendekati rumah itu, seketika api makin membesar.

Iklan Zonasultra

Baca Juga : Diduga Gegara Bocah Main Kembang Api, Sebuah Hotel di Kendari Terbakar

“Karena angin kencang api tiba-tiba membesar. Saya dan warga yang lain berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, tapi api makin membesar,” ungkap Nandi di lokasi kebakaran.

Sementara itu saksi lain, Inul (16) menuturkan saat itu ia tengah duduk-duduk di dekat Bundaran Mandonga, dan mendengar suara orang teriak kebakaran. Ia lalu datang melihat api yang menyala hingga berusaha masuk di dalam rumah yang sedang kosong itu.

“Saya buka pintu, terkunci, saya dobrak paksa, terbuka lalu yang saya lihat springbed yang terbakar, sudah besar apinya. Saya takut masuk nanti tidak bisa keluar, terus saya menjauh,” beber Inul di lokasi kejadian.

Pernyataan Inul itu ikut dibenarkan oleh tetangganya Aris. Aris juga melihat api dari dalam rumah yang berasal dari springbed yang sudah menyisahkan besi.

Dua Bangunan di Mandonga Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik“Api itu berputar di tengah, kayak mau cari jalan keluar,” katanya.

Sementara itu, warga yang lain Hamida mengatakan, sejak pagi dirinya mencium bau hangus. Namun, ibu rumah tangga ini tak tahu apa yang sedang terbakar. Hingga peristiwa kebakaran melanda, ia pun baru mengetahui sesuatu yang hangus itu diduga berasal dari rumah yang terbakar itu.

“Mungkin obat nyamuk yang lupa dimatikan, karena sejak pagi kita cium bau hangus, kita cari-cari juga dari mana sumbernya tapi tidak dapat,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Mandonga AKP I Ketut Arya Wijanarka menjelaskan bahwa pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penyebab utama kebakaran yang menghanguskan rumah dan kios tersebut.

“Untuk sementara kami masih mendalami terkait penyebab kebakarannya. Kami akan meminta keterangan saksi-saksi yang ada sesaat sebelum kejadian. Dugaan sementara ini korsleting listrik,” terang AKP I Ketut Arya Wijanarka.

Pantauan awak ZonaSultra di lapangan, kurang lebih satu jam api baru bisa dipadamkan oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Kendari yang mengerahkan enam armada mobil kebakaran.

Dua Bangunan di Mandonga Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Jalan di R Suprapto khususnya yang mengarah ke Mal Mandonga dan ke Kota Lama serta arah sebaliknya, ditutup sementara hingga proses pemadaman selesai. Akibatnya, arus lalu sempat mengalami kemacetan karena banyaknya warga yang ingin menyaksikan peristiwa kebakaran itu

Baca Juga : Belasan Bangunan di Kendari Terbakar, Diduga Gegara Bocah Main Bensin

Setelah api padam, pemilik bangunan dibantu warga setempat mulai mengais dan memindahkan puing bangunan sisa kebakaran. Kondisi tersebut menjadi tontonan warga setempat serta pengguna jalan. Tampak aparat kepolisian masih meminta keterangan pemilik rumah dan warga setempat.

Hingga saat ini, kondisi arus lalu lintas sudah kembali normal. Polisi sudah membuka kembali jalan yang sebelumnya sempat ditutup. Sebagian warga dan pengguna jalan menyempatkan diri untuk melihat puing-puing sisa kebakaran. (a)

 


Kontributor: Fadli Aksar
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib