iklan zonasultra

Festival Pulau Tomia di Wakatobi Siap Digelar Tanggal 28 Juni

Festival Pulau Tomia di Wakatobi Siap Digelar Tanggal 28 Juni

Festival Pulau Tomia di Wakatobi Siap Digelar Tanggal 28 JuniFESTIVAL PULAU TOMIA – Ragam seni dan budaya akan ditampilkan dalam Festival Pulau Tomia (Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Pelaksanaan Festival Pulau Tomia, di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) dipastikan akan digelar mulai tangfal 28 hingga 30 Juni nanti.

Camat Tomia, La Baharafi selaku pantia pelaksana kegiatan menjelaskan, hingga kini, persiapan untuk menggelar kegiatan tahunan di Wakatobi itu sudah mencapai 90 persen.

“Kita mengejar target yakni sukses persiapan dan penyelenggaraan,” terang La Baharafi, di Wangi-Wangi Kamis (22/6/2017).

Saat ini, kata dia, seluruh fasilitas sarana pendukung serta item kegiatan yang akan disuguhkan sudah hampir rampung.

“Tersisa tenda-tenda belum dipasang karena pengalaman tahun lalu, tenda itu nanti minus dua hari baru terpasang. Sedangkan sajian budaya lainnya sudah rampung,” ucapnya.

Festival Pulau Tomia akan menampilkan beberapa item kegiatan sesuai dengan khasanah budaya yang berlaku turun-temurun di pulau Tomia yang disingkronkan dengan visi dan misi pemerintah daerah yakni Wakatobi sebagai Kabupaten Maritim yang Sejahtera dan Berdaya Saing.

“Hari pertama disuguhkan parade perahu penyambutan. Setelah itu sesuai jadwal akan ditampilkan budaya pulau Tomia seperti Lutunani, Sajo Moane, Karnaval pakaian cermin budaya masyarakat maritime, Homoru (tenun tradisional), manga lewu-lewu,” jelas La Baharafi

Sementara di hari kedua akan ada ritual siriwale, pagelaran seni tari dan budaya seperti mborira, balumpa, kenta-kenta, lariangi, saride, kadandio, drama dan kesenian lokal lainnya.

Festival yang mengusung tema Mai Toasae Nahada (Mari Satukan Niat) ini dipusatkan di Kecamatan Tomia. (C)

 

Reporter : Duriani
Editor : Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib