iklan zonasultra

Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari 2020, Durasinya 4 Jam

Ilustrasi gerhana bulan
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Awal tahun 2020, fenomena alam gerhana bulan akan menyapa masyarakat Indonesia termasuk Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu 11 Januari mendatang. Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan.

Gerhana bulan penumbra sendiri merupakan gerhana bulan yang terjadi ketika bulan berada di wilayah bayangan penumbra saja. Karena hanya di bayangan penumbra maka bulan tidak tertutup inti bayangan bumi melainkan hanya bayangan samarnya saja. Sehingga, masyarakat masih bisa melihat bulan namun dengan cahaya yang redup, semacam ada sesuatu yang menghalanginya.

Kepala Stasiun Geofisika Rosa Amelia mengatakan, peristiwa ini merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi dan Bulan, ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Seluruh proses gerhana dapat dilihat di Asia, Eropa, sebagian besar Afrika bagian Timur, sebagian kecil Australia bagian Barat, dan Samudera Hindia. Proses gerhana pada saat Bulan terbit dapat diamati di Afrika bagian Barat, Samudera Atlantik, sebagian kecil Amerika bagian Timur Laut, dan sebagian kecil Amerika Selatan bagian Timur.

Proses Gerhana pada saat Bulan terbenam dapat diamati di Amerika Utara bagian Barat Laut, Samudera Pasifik bagian Barat, dan sebagian besar Australia bagian Timur. Gerhana ini tidak akan dapat diamati di sebagian besar wilayah Amerika dan Samudera Pasifik bagian Timur.

Sementara itu, Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

“Durasi gerhana dari fase Gerhana mulai hingga Gerhana berakhir adalah 4 jam 08,7 menit,” ungkap Rosa melalui layanan WhatsApp, Kamis (9/1/2020).

Proses gerhana ini akan berlangsung mulai dari fase pertama untuk wilayah barat Indonesia seperti Sumatera, Jawa dan sebagian Kalimantan pukul 00.05 WIB, wilayah tengah seperti Sulawesi, sebagaian Kalimantan, Bali, NTB, NTT Indonesia 01.05 WITA dan wilayah timur Indonesia seperti Papua dan Maluku 02.05 WIT.

Kemudian fase puncak akan terjadi pada pukul 02.10 WIB untuk wilayah barat Indonesia, wilayah tengah 03.10 WITA dan wilayah timur 04.10 WIT. Serta fase terbenam atau berakhir pukul 04.14 WIB wilayah barat, pukul 05.14 WITA wilayah tengah dan wilayah timur pukul 06.14 WIT.

Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari 2020 ini merupakan anggota ke 16 dari 71 anggota pada seri Saros 144. Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah Gerhana Bulan Penumbra 30 Desember 2001. Adapun gerhana Bulan yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah Gerhana Bulan Penumbra 21 Januari 2038.(b)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Abd Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib