iklan zonasultra

Guru SMK Dilatih Gunakan Blog untuk Media Pembelajaran

Guru SMK Dilatih Gunakan Blog untuk Media Pembelajaran
PELATIHAN - Tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Halu Oleo saat memberikan pelatihan penggunaan blog sebagai media pembelajaran (Sri Rahayu/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Puluhan guru dari tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kendari dilatih menggunakan blog untuk media pembelajaran. Hal tersebut dilakukan melalui kegiatan workshop yang berlangsung di SMK Negeri 6 Kendari, Jumat (22/11/2019). Ketiga sekolah tersebut ialah SMKN 6 Kendari, SMKN 2 Kendari, dan SMK Maritim Muhammadiyah Kendari.

Salah satu pemateri workshop, Ikman mengungkapkan dunia pendidikan pada dasawarsa pertama abad ke-21 secara nyata telah berkembang pesat dan mengalami kemajuan. Perkembangan teknologi telah membuka kemungkinan yang luas untuk dapat dimanfaatkan karena pesatnya teknologi sudah menjadi bagian dari kebudayaan masyarakat.

“Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari sumber pesan melalui saluran atau media tertentu kepada penerima pesan. Pesan yang akan dikomunikasikan adalah isi jajaran atau didikan yang ada dalam kurikulum,” ujarnya ditemui usai pelatihan, Jumat (22/11/2019).

iklan zonasultra

Baca Juga : Guru SMK Satria Kendari Berhasil Juara di AHSC 2019

Menurutnya, salah satu media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang mampu menjembatani kesenjangan materi pembelajaran adalah blog. Blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.

Yang ditawarkan dalam pembelajaran berbasis web adalah kecepatan dan tidak terbatasnya pada ruang dan waktu untuk mengakses informasi. Penggunaan media blog dalam proses belajar mengajar akan terasa lebih menarik, karena guru dan siswa sama-sama terbantu di dalam proses belajar mengajarnya.

“Bagi guru media blog dapat membantu untuk memudahkan menyampaikan materi dan juga mampu meningkatkan kreativitas guru di dalam menggunakan media tersebut, karena guru dapat mengekspresikan semua yang ada dalam pemikirannya ke dalam media tersebut,” ujarnya.

Bagi siswa, media blog memudahkan untuk menerima materi yang diajarkan dan juga meng-update atau mendownload data pembelajaran yang ada dalam blog guru yang bersangkutan dengan mata pelajaran tersebut, sehingga siswa bisa lebih mudah mencari bahan pelajaran yang mereka perlukan untuk menambah wawasan dan juga pembelajaran di rumah.

Penggunaan blog dalam pembelajaran bagi guru merupakan batu loncatan kemajuan yang cepat, namun terdapat hambatan dan kesiapan guru khususnya guru pada sekolah mitra dalam mengimplementasikannya pada kelas pembelajaran.

Sementara itu, salah seorang guru SMKN 6 Kendari, Kasman mengungkapkan selama ini pihaknya belum pernah memanfaatkan web untuk media pembelajaran. Dengan adanya kegiatan pelatihan tersebut maka menjadi motivasi baginya untuk memaksimalkan pembelajaran dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang kian pesat.

Baca Juga : Lewat Expo, Siswa SMK se-Sultra Diminta Tingkatkan Kreativitas

Dengan media pembelajaran ini, semua file bahan ajar, video pembelajaran dan kuis online dapat ditautkan pada blog sehingga siswa mudah mengakses sumber belajar dan siswa juga tidak hanya belajar di sekolah namun dapat belajar di luar sekolah kapan dan dimana saja.

“Tadi kami disampaikan sama pematerinya blog itu gratis, aman dan ramah SEO karena bawaan dari perusahaan google, banyak fitur-fitur dari google dapat dieksplor dalam blog sehingga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran” ujarnya. (B)

 


Kontributor : Sri Rahayu
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib