iklan zonasultra

H-3 Pencoblosan, 192 Ribu Surat Suara Belum Sampai di Sultra

Ilustrasi
Ilustrasi (Sumber Foto : detikcom)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tiga hari menjelang pencoblosan 17 April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) masih kekurangan 192 ribu lembar surat suara untuk lima jenis pemilihan yakni calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, DPR Daerah Provinsi, dan kabupaten/kota.

Rinciannya, sebanyak 18.889 surat suara untuk Capres-Cawapres, 23.242 surat suara untuk DPR RI, 22.065 untuk DPD RI, sejumlah 76.152 untuk DPRD provinsi dan 51.904 surat suara untuk DPRD kabupaten dan kota. Secara total KPU Sultra masih membutuhkan 192.252 surat suara untuk didistrbusi di 17 kabupaten/kota.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir mengatakan, menurut informasi hasil koordinasi dengan KPU RI Sabtu (13/4/2019) logistik tersebut sudah ada di Bandara Juanda Surabaya dan akan tiba Minggu (14/4/2019). Namun logistik belum tiba hingga saat ini. KPU berkilah kewenangan pencetakan surat suara oleh di KPU RI di Surabaya.

Baca Juga : Pengganti 190 Ribu Surat Suara Rusak Masih Dicetak

“Kita prediksi awalnya pencetakan awalnya 10 April, keberangkatan ke Sultra diantar paling lama 12 April. Kewenangan ini bukan ada pada kita, tetapi di tingkat percetakan yang dikontrakkan oleh KPU RI dan pihak ekspedisi, maka atas keterlambatan ini masih kita koordinasi dengan KPU RI untuk memastikan bisa lebih cepat,” ujar La Ode Abdul Natsir di Hotel Swissbell, Sabtu (13/4/2019)

Mengantisipasi keterlambatan distribusi surat suara, pihaknya sudah melakukan distribusi surat suara ke daerah-daerah terpencil untuk surat suara yang lebih dulu tiba pada pengiriman pertama. Utamanya di ibukota daerah, ketika H-1, kata dia, akan digesek ke daerah-daerah. Sehingga diperkirakan sampai pada hari itu juga.

“Kami masih optimis. Tidak cerita bahwa tidak terselenggaranya pemilu karena kurang surat suaranya. Karena kita selalu memastikan surat suara itu tiba secepatnya. Karena kendalinya tidak ada pada kita kita hanya berkoordinasi dengan KPU RI,” tegasnya.

Dikonfirmasi lebih lanjut Minggu (14/4/2019) La Ode Abdul Natsir mengatakan ratusan ribu surat suara akan tiba hari ini dengan menggunakan pesawat Lion Air. Pesawat akan mendarat di Bandara Halu Oleo Kendari dan Bandara Matahora Baubau.

“Distribusinya akan kita bagi dua zona. Untuk wilayah daratan melalui Bandara Halu Oleo Kendari dan wilayah kepulauan melalui Bendara Matahora Baubau. Setelah tiba, surat suara langsung disistribusikan ke daerah-daerah kabupaten/kota,” ungkap Natsir. (A)

 


Kontributor: Fadli
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib