iklan zonasultra

Harga Daging Sapi dan Ayam Melonjak di Kendari

Harga Daging
DAGING SAPI - Salah satu pedagang daging sapi di Pasar Basah Mandonga Kendari saat melayani pembeli. (Fptp Dok/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Satu hari menjelang bulan suci ramadhan harga daging sapi dan ayam di Kota Kendari mengalami lonjakan yang cukup siginifikan. Jika dipersentasekan harga daging sapi yang saat ini Rp 120 ribu/kgnya mengalami lonjakan harga 20 persen dari harga sebelumnya.

Sementara itu untuk harga daging ayam juga mengalami lonjakan harga yang sama. Dimana harga daging ayam pada minggu lalu masih berkisar pada harga Rp 24 ribu/kgnya, tetapi untuk saat ini harganya sudah mencapai Rp 28 ribu/kgnya.

Kepala Bidang Logistik Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kota Kendari Yusri mengatakan, lonjakan harga ini sudah diatas batas normal, sebab lonjakannya sudah mencapai 20 persen. Untuk itu, pihaknya akan melakukan pengawasan terus hingga satu minggu kedepan.

“Pengawasan sangat perlu dilakukan karena kami inginkan bagaimana harga ini tidak terus seperti saat ini. Sebab jika posisi harga seperti ini tentunya akan berdampak pada masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa,”jelasnya, di ruang kerjanya, Rabu (16/5/2018).

Yusri mengungkapkan, kondisi seperti ini memang lazim terjadi ketika akan menghadapi hari besar. Tetapi pihaknya tidak menginginkan, kondisi ini dimanfaatkan oleh oknum-oknum tertentu yang melakukan spekulasi dengan menaikan harga di pasaran.

Saat ini lanjut Yusri, posisi stok daging sapi dan ayam di Kota Kendari sangatlah cukup. Tetapi kenaikan ini banyak disebabkan karena tingginya permintaan masyarakat akan daging sapi dan daging ayam, sehingga berdampak pada lonjakan harga seperti sekarang ini.

“Kita kembali lagi ke hukum ekonomi, dimana harga akan mengalami kenaikan jika permintaan tinggi. Tetapi kami harapkan hal ini hanya akan terjadi pada satu hari mejelang puasa saja, setelah itu harganya akan kembali seperti hari biasa,”tuturnya. (B)

 


Reporter : M Rasman Saputra
Editor Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib