iklan zonasultra

Hari Ini KPUD Muna Mulai Distribusi Logistik Pilgub

Hari Ini KPUD Muna Mulai Distribusi Logistik Pilgub
PENDISTRIBUSIAN LOGISTIK - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muna, mulai mendistribusikan logistik pemilihan gubernur Sultra ke 22 kecamatan yang ada di Kabupaten Muna, Senin (25/6/2018). KPUD mendahulukan distribusi ke 5 kecamatan yang berada di wilayah seberang bagian Muna Timur. (Kasman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RAHA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Muna hari ini mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra ke-22 kecamatan yang ada di Kabupaten Muna. KPU Muna mendahulukan distribusi lima kecamatan yang berada di wilayah seberang bagian Muna Timur.

Pantauan awak zonasultra.com, Senin (25/6/2018), pendistribusian logistik pemilu ini dikawal ketat aparat kepolisian bersenjata laras panjang, panwas, dan anggota KPUD yang sudah ditugaskan.

Sekretaris KPUD Muna Halisi mengatakan, mulai hari ini seluruh logistik dari KPU ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Lanjut dia, pihaknya mendahulukan wilayah seberang dan wilayah yang paling jauh seperti wilayah seberang Maligano, Batukara, Wakorsel, Pasikolaga, dan Pasir Putih.

“Jadi saat logistik tiba di PPK, itu bermalam satu malam dan besoknya mulai didistribusikan kembali ke TPS. Tanggal 27 Juni 2018 itu semua logistik sudah berada di TPS,” kata Halisi saat ditemui di Kantor KPUD Muna, Senin (25/6/2018).

Kata Halisi, KPUD Muna memastikan semua logistik pemilu berupa surat suara, kotak suara, bilik suara, dan perlengkapan lainnya dalam keadaan aman dan siap digunakan pada 27 Juni 2018 nanti.

“Secara keseluruhan jumlah TPS di Muna itu ada 321 TPS. Kemudian kita menambahkan kotak kosong di setiap kecamatan 3 buah, gunanya untuk membawa pulang kembali logistik di KPU nanti. Jadi jumlah kotak kosong itu ada 66 buah dari 22 kecamatan,” tuturnya.

Dia menambahkan, untuk rute pertama mendistribusikan logistik di wilayah seberang yakni Kecamatan Maligano, Batukara, Wakorumba Selatan (Wakorsel), Pasikolaga dan Pasir Putih. Kemudian, untuk rute kedua wilayah yang paling jauh seperti Kecamatan Marobo, Parigi, Bone, dan Kabawo.

“Untuk dua wilayah itu pagi tadi sudah jalan, malah untuk wilayah sebrang sudah tiba dan sementara membongkar logistiknya,” ungkapnya.

Selanjutnya, rute ketiga didistribisikan kelima kecamatan seperti Kecamatan Kontunaga, Kontukowuna, Kabangka, Tongkuno dan Tongkuno Selatan (Tongsel). Kemudian rute keempat di empat kecamatan yakni Batalaiworu, Lasalepa, Napabalano, dan Towea.

“Untuk pendistribusian terakhir itu, kita lakukan di wilayah terdekat seperti Kecamatan Katobu, Watopute, Lohia dan Duruka,” jelasnya. (B)

 


Reporter: Kasman
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib