iklan zonasultra

Hewan Kurban Harus Sehat dan Dagingnya Higienis

Ilustrasi sapi kurban
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari, akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan yang akan dijadikan kurban. Hal ini dilakukan agar hewan yang dijadikan kurban saat idul adha terjamin kesehatannya dan dagingnya higeinis.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Kendari Siti Ganef mengatakan, untuk pengecekkan kesehatan terhadap hewan kurban pihaknya akan menurunkan tim khusus untuk mengecek hewan pada setiap kecamatan di Ibukota Sulawesi Tenggara.

Tim tersebut ungkap Ganef, akan mulai dilaksanakan pada Senin (6/8/2018) nanti untuk mengecek keadaan hewan kurban di setiap kecamatan seperti kambing dan sapi .

“Kami akan turun sebanyak dua kali dalam mengecek kesehatan hewan kurban ini, yang pertama dua minggu sebelum Idul adha dan satu minggu sebelum idul adha, “jelasnya, pada zonasultra.com, Sabtu (4/8/2018).

Ganef menuturkan, tim pemeriksa hewan ini terdiri dari dokter hewan dan para medis yang benar-benar paham mengenai kesehatan hewan. Adapun proses pemeriksaan hewan ini bukan hanya meliputi Fos Morten (fisik luar) tetapi juga Anti Moren (fisik dalam) kurban apakah dagingnya layak dikonsumsi atau tidak.

Adapun stok hewan kurban yang saat ini disiapkan di Rumah Pemotongan Hewan Kota , diperkirakan sebanyak 1300 ekor terdiri dari sapi maupun kambing.

“Tim yang kami turunkan ini bukan saja mengecek kesehatan hewan yang akan dijadikan kurban. Tetapi juga melakukan sosialisasi tentang larangan penyembelihan sapi betina produktif,”tuturnya. (B)

 


Reporter : M Rasman Saputra
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib