iklan zonasultra

Hugua Dukung Jokowi Bubarkan Lembaga Negara yang Tidak Efektif

Anggota DPR RI asal Sulawesi Tenggara (Sultra) Hugua
Hugua

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Anggota DPR RI asal Sulawesi Tenggara (Sultra) Hugua mendukung langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin membubarkan lembaga negara yang tidak efektif dan efisien.

Seperti diketahui Jokowi berencana merampingkan 18 lembaga/komisi dalam waktu dekat ini.

“Sepanjang untuk kemajuan bangsa dan negara saya mendukung, karena kalau ada lembaga yang tidak efektif dan efisien, mendingan lembaga-lembaga itu dikembalikan ke induknya,” kata Hugua saat ditemui di ruang kerjanya, Gedung Nusantara I DPR RI Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (14/7/2020).

Hugua menuturkan, lembaga negara harus efektif yakni berkaitan dengan pencapaian, serta efisien yakni berkaitan dengan pembiayaan. Menurutnya, penyederhanaan organisasi akan membuat kinerja lebih efektif dan menghemat anggaran negara.

Anggota Komisi II DPR RI ini belum mengetahui lembaga mana saja yang akan dipangkas atau dibubarkan oleh Jokowi. Ia mempercayakan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi institusi mana yang disasar.

“Tidak tahu sama sekali, karena itu ranah eksekutif. Ranahnya presiden bersama para menteri,” ujarnya.

Sementara Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo tengah mencermati lembaga dan komisi mana saja yang tidak bekerja maksimal. Lembaga dan komisi tersebut kemudian diusulkan kepada Presiden Jokowi untuk dibubarkan.

Perampingan ini bertujuan mengefektifkan dan mengefisienkan lembaga agar tidak tumpang tindih. Hal ini sesuai dengan visi misi Presiden Jokowi. (b)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib