iklan zonasultra

Hujan Deras, Banjir Rendam Desa Komala di Wakatobi

Hujan Deras, Banjir Rendam Desa Komala di Wakatobi
BANJIR - Sejumlah rumah warga di Desa Komala Kecamatan Wangiwangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) terendam banjir dikibatkan hujan deras yang turun sejak Subuh pukul 05:00 Wita. (Nova Ely Surya/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Desa Komala yang terletak di Kecamatan Wangiwangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) dilanda banjir setelah diguyur hujan deras sejak subuh, Sabtu (26/5/2018). Banjir hampir setinggi paha orang dewasa itu merendam hampir seluruh rumah warga dan juga masjid.

Tak hanya rumah, kebun jagung, ubi, dan coklat warga di desa itu juga ikut terendam banjir. Ditemui di lokasi banjir, Sabtu (26/5/2018), Wa Sufaria (38), salah seorang warga yang rumahnya ikut terendam banjir mengatakan kejadiannya bermula sekira pukul 11.00 Wita.

“Sekitar jam 11 tadi air mulai meninggi, sehingga kami harus mengamankan perabotan dalam rumah ke tempat yang lebih tinggi agar barang-barang terhindar dari genangan air yang masuk ke dalam rumah,” katanya.

Akibat banjir, kebun milik warga setempat ikut terendam

Sementara La Napa (48) salah seorang warga yang juga rumahnya ikut terendam banjir mengatakan, banjir setiap tahunnya memang selalu mengintai desanya.

“Dari tahun ke tahun kalau sudah musim hujan, kami warga di sini sudah baku jaga dengan barang-barang. Khawatirnya jangan sampai banjirnya lebih tinggi,” ungkapnya.

Akibat banjir, sekitar satu jam lamanya, jalan poros tersebut sempat terhambat gara-gara genangan air. Ditambah lagi sehari sebelumnya ada pohon besar berukuran sekitar 10 meter lebih tumbang menghalangi jalan.

Hujan Deras, Banjir Rendam Desa Komala di Wakatobi

Sebagai informasi, Desa Komala adalah desa yang mewakili Kabupaten Wakatobi dalam lomba program kependudukan dan pembangunan keluarga tingkat Provinsi Sultra tahun 2018.

Amatan zonasultra.com, sejumlah kendaraan dinas berplat merah milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab), maupun kendaraan dinas anggota DPRD Wakatobi intens lewat berlalu lalang di desa yang merupakan jalan poros menuju Bandara Matahora itu. Namun entah mengapa tak ada satupun yang singgah atau sekedar menanyakan keadaan kampung yang terendam banjir itu. (B)

 


Reporter : Nova Ely Surya
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib