iklan zonasultra

HUT Sultra ke-53, Ini yang Akan Ditampilkan Pemkab Muna

HUT Sultra ke-53, Ini yang Akan Ditampilkan Pemkab Muna
HUT SULTRA - Rumah adat Muna untuk stand pameran HUT Sultra Ke 53, Pemerintah Kabupaten Muna sudah menyiapkan berbagai keunggulan dan ciri khas tiap-tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk dipamerkan pada stand yang telah disediakan. (Foto Istimewa)
HUT Sultra ke-53, Ini yang Akan Ditampilkan Pemkab Muna
HUT SULTRA – Rumah adat Muna untuk stand pameran HUT Sultra Ke 53, Pemerintah Kabupaten Muna sudah menyiapkan berbagai keunggulan dan ciri khas tiap-tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk dipamerkan pada stand yang telah disediakan. (Foto Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, RAHA – Jelang peringatan HUT Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ke-53 tahun yang dipusatkan di Kota Kendari, Pemerintah Kabupaten Muna sudah menyiapkan berbagai keunggulan dan ciri khas tiap-tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk dipamerkan pada stand yang telah disediakan.

Bupati Muna LM. Rusman Emba melalui Kepala Hubungan Masyarakat (Humas) dan Protokoler Pemkab Muna Amiruddin Ako menjelaskan, Disperindagkop misalnya, akan menampilkan beberapa macam ciri khas diantaranya jambu mente olahan dalam berbagai macam bentuk. Selanjutnya kain tenun, apalagi kini Kabupaten Muna sudah memiliki kampung tenun setelah diresmikan oleh Tina Nur Alam beberapa waktu lalu.

“Kami akan menampilkan beberapa potensi pariwisata yang ada di Muna, seperti Liang Kabori, Liang Metanduno, Liang Sugipatani, Pantai Towea, Meleura, Danau Napabale, Danau Ubur-ubur, Danau Penyu Moko dan lainnya, termasuk potensi wisata yang ada di Muna Timur seperti Air Jatuh Kalima-lima,” ungkap Amiruddin saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (20/4/2017).

Amiruddin Ako
Amiruddin Ako

Selain itu, Pemkab Muna juga akan menampilkan beberapa tarian budaya seperti tari linda, dan silat ewa Muna. Bahkan juga akan menampilkan beberapa kerajinan tangan seperti kerajinan dari limbah jati.

Pemkab Muna juga akan ikut berpartisipasi dalam karnaval budaya yang akan ditampilkan pada HUT Sultra nantinya.

“Jadi kita akan melibatkan seluruh kepala SKPD dan ibu, camat dan ibu untuk mengikuti karnaval budaya nantinya dan akan menampilkan ciri khas dari daerah Muna seperti pakaian adat Muna,” ujarnya.

Dikatakan, dalam HUT Sultra kali ini, Pemkab Muna akan menampilkan beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh daerah lain di Sultra meskipun ada beberapa daerah yang memiliki keunggulan sama dengan Muna, salah satunya kacang mente.

“Meskipun daerah lain memiliki kacang mente ini, tetapi mereka tidak mempunyai hak cipta dari kacang mente tersebut. Beda halnya dengan Muna sudah memiliki hak cipta kacang mente itu,” ungkapnya.

Melalui HUT Sultra ini, Pemkab Muna juga ingin mempromosikan potensi-potensi yang ada di Muna agar merangsang para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kabupaten Muna. (B)

 

Reporter: Kasman
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib