iklan zonasultra

ICM Kendari dan Yayasan Hidayatullah Siap Layani Penyembelihan Hewan Kurban

ICM Kendari dan Yayasan Hidayatullah Siap Layani Penyembelihan Hewan Kurban
IDUL ADHA - Islamic Center Mu'adz Bin Jabal (ICM) Kendari siap melayani pemesanan dan penyembelihan hewan kurban pada perayaan Iduladha 1439 Hijriah, Rabu, 22 Agustus 2018. (Ilham Surahmin/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Islamic Center Mu’adz Bin Jabal (ICM) Kendari siap melayani pemesanan dan penyembelihan hewan kurban pada perayaan Iduladha 1439 Hijriah, Rabu, 22 Agustus 2018.

Penyedia hewan kurban ICM Kendari Abu Rosikh mengatakan, pihaknya sudah melayani penyembelihan hewan kurban sejak 9 tahun lalu. Untuk tahun ini ICM Kendari menargetkan dapat menyembelih sekitar 50 ekor sapi. Tahun 2017, pihaknya menyembelih sekitar 45 ekor sapi.

Hingga hari ini, sudah ada 21 ekor sapi dari pihak panitia dan 27 ekor yang sudah dipesan oleh masyarakat umum.

“Sapi kita banyak dari Laonti, sisanya dari Buton Utara, Kolono, Ranomeeto Barat dan Landono,” ungkap Abu Rosikh saat ditemui di ICM Kendari, Jumat (17/8/2018) malam.

Ia menjelaskan jika seluruh sapi kurban yang siap disembelih sudah diperiksa kesehatannya dari dokter hewan dinas tanaman pangan dan peternakan setempat.

Selain itu, syarat umur juga sudah memenuhi persyaratan minimal usia dua tahun. Untuk harga beli sapi dari peternak mulai dari Rp9 juta hingga Rp20 juta.

“Alhamdulilah stok sapi aman dan mudah kita dapatkan,” kata Abu.

Untuk memberikan pelayan maksimal kepada para jamaah yang melaksanakan kurban, ICM Kendari menyediakan layanan tempat dan penyembelihan hewan kurban. Kemudian untuk proses penyaluran daging kurban dilibatkan para jamaah atau tenaga sukarela agar penyalurannya tertib dan aman.

“Yang berkurban sudah punya kupon sendiri dan sudah disebar sendiri kepada penerima, nanti kita terima kupon dari penerima dan bagikan dagingnya,” tukasnya.

Di tempat berbeda, Panitia Kurban Yayasan Pesantren Hidayatullah Kendari Adnan mengatakan l, pihaknya sudah melakukan proses penyedia dan penyembelihan hewan kurban sejak tahun 2013 silam.

Posisi terakhir sudah terjual 21 ekor sapi ditambah dari pihak panitia 7 ekor dengan harga jual antara Rp9 juta hingga Rp14 juta tergantung bobot beratnya. Sapi banyak didatangkan langsung l dari Konawe Selatan (Konsel).

“Kalau kelayakan kurban kriteria sapi cukup umur 2 tahun minimal. Sehat dan tidak sakit dan gemuk,” ungkap Adnan, Selasa (14/8/2018).

Adnan juga menjelaskan dinas kesehatan sudah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban pihaknya sehingga layak untuk dikurbankan. Tahun 2017 silam ada 28 ekor sapi yang disembelih dan tahun 2018 pihaknya menargetkan sekitar 34 ekor.

Kedua lembaga penyedia dan penyembelihan hewan kurban di Kota Kendari ini berharap pelaksanaan kurban 2018 dapat berjalan lancar dan baik sehingga makna dan nilai ibadah kurban dapat diraih. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib