iklan zonasultra

Indonesia Harus Lepas dari Jebakan Pendapatan Kelas Menengah

Indonesia Harus Lepas dari Jebakan Pendapatan Kelas Menengah
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan sambutan kenegaraannya.

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilantik menjadi Presiden untuk yang kedua kalinya dalam sidang paripurna Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) di Komplek MPR/DPR/DPD RI Senayan Jakarta Selatan, Minggu (20/10/2019).

Jokowi dan Ma’ruf Amin telah resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Keduanya mengucap sumpah di hadapan MPR bahwa akan memenuhi kewajiban Presiden dan Wakil Presiden RI dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar (UUD) dan menjalankan segala UU dan peraturan dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa.

iklan zonasultra

Selanjutnya, Jokowi dan Ma’ruf Amin menandatangani berita acara pelantikan. Dalam kesempatan pidato perdana Jokowi sebagai presiden periode keduanya, Jokowi menyatakan bahwa Indonesia harus lepas dari jebakan pendapatan kelas menengah.

“Mimpi kita, cita-cita kita, di tahun 2045 pada satu abad Indonesia merdeka, mestinya Insyaallah Indonesia telah keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah,” kata Jokowi saat berpidato di Komplek MPR/DPR/DPD RI Senayan Jakarta Selatan, Minggu (20/10/2019).

Ia berharap di 2045 Indonesia telah menjadi negara maju, dengan pendapatan menurut hitung-hitungan 320 juta per capita per tahun atau 27 juta per capita per bulan. Serta, Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia mencapai 7 triliun USD, Indonesia sudah masuk 5 besar ekonomi dunia, dengan kemiskinan mendekati nol persen.

“Kita sudah hitung, sudah kalkulasi, target tersebut sangat masuk akal dan sangat memungkinkan untuk kita capai. Namun semua itu tidak datang otomatis, tidak datang dengan mudah,” lanjutnya.

Menurut Jokowi hal tersebut harus disertai kerja keras dan harus kerja cepat. Diakui Jokowi dalam dunia yang penuh risiko yang sangat dinamis dan kompetitif, harus mengembangkan cara-cara dan nilai-nilai baru. Harus melakukan inovasi pengetahuan serta inovasi budaya.

Pelantikan hari ni dihadiri oleh seluruh anggota MPR, Ketua Partai Politik, Pejabat tinggi negara dan pejabat tinggi negara tetangga. Calon pasangan presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno juga hadir dalam pelantikan presiden dan wakil presiden ini. (a)

 


Reporter: Rizki Arifiani
Editor : Kiki

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib