iklan zonasultra

Ini Tujuan dan Hal yang Bisa Mengugurkan Pahala Kurban

Ini Tujuan dan Hal yang Bisa Mengugurkan Pahala Kurban
KURBAN - Suasana penyembelihan hewan kurban sapi di kawasan ICM Kendari tahun 2018 lalu. (DOKUMENTASI ICM KENDARI)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Seluruh umat muslim di Indonesia akan melaksanakan salat Iduladha atau biasa dikenal dengan idul kurban pada 11 Agustus 2019 mendatang.

Umat muslim di Sulawesi Tenggara (Sultra) pun melaksanakan salah satu ibadah yang telah disyariatkan dalam Islam, yakni berkurban atau menyembelih hewan sapi, kambing atau domba bagi yang memiliki kelapangan rezeki atau bagi yang memang telah berniat melaksanakan syariat ini.

Pimpinan Islamic Center Muadz Bin Jabal (ICM) Kendari, Ustaz Zezen Zainal Mursalin mengatakan, tujuan kurban adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dan ini telah disyariatkan agar umat Islam terus mengingat-Nya.

“Ibadah kurban ini tidak bisa diganti dengan mengeluarkan uang senilai harga sapi atau kambing, karena ibadah kurban adalah sesuatu yang absolut dan tidak bisa dihapuskan,” ungkap Zezen Zainal saat dihubungi, Rabu (8/7/2019) sore.

Ia pun menjelaskan, dampak positif ibadah kurban dalam kehidupan sehari-hari akan membuat orang yang berkurban tersebut memiliki sifat dermawan dan kepedulian tinggi terhadap sesama umat manusia, serta rela berkorban mengeluarkan hartanya di jalan Allah SWT.

Baca Juga : Potong Hewan Kurban di RPH Kendari Tak Bayar Retribusi

Selain itu, banyak pula amalan yang bisa dilakukan umat Islam untuk mendapatkan pahala pada 10 hari pertama bulan Dzulhijah mulai dari syahadat, salat, berpuasa, mengeluarkan zakat, dan melaksanakan ibadah haji.

Terlepas dari itu semua, kata Ustaz Zezen, yang perlu dipahami agar ibadah kurban diterima Allah SWT telah disebutkan dalam firman-Nya pada surah Al-Maidah ayat 27 dan surah Al Hajj ayat 37.

Dari dua ayat suci Alquran ini, ia menegaskan pahala ibadah kurban akan gugur apabila tidak ikhlas melaksanakan ibadah tersebut.

“Intinya di sini adalah keikhlasan kita berkurban, seperti kisah putra Adam satunya diterima karena keihklasannya dan satu tidak, dan Allah tidak membutuhkan daging atau darah dari kurban tersebut melainkan ketaqwaanya kepada Allah,” tukasnya.

ICM Kendari sendiri membuka layanan pemotongan hewan kurban bagi masyarakat Sultra. Hingga saat ini telah ada 53 ekor sapi dan 40 ekor kambing siap disembelih pada perayaan Iduladha. Tahun lalu, ICM Kendari menyembelih 67 ekor sapi dan 43 ekor kambing.

“Alhamdulilah antusiasme masyarakat Sultra cukup tinggi menjelang Iduladha, ini karena mereka sudah tahu tentang pentingnya kurban. Hal ini juga terbukti dengan pertama kali ICM berdiri tahun 2009 kurban pertama hanya satu ekor sapi, tapi suatu kesyukuran saat ini jumlah terus bertambah. Semoga amalan kita semua diterima di sisi Allah SWT. Amin,” pungkasnya. (b)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib