iklan zonasultra

Jalan Menuju Langere Butur Ditarget Tembus Tahun Ini

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Butur, Wawan Wardaya
Wawan Wardaya

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) telah mengalokasikan anggaran untuk pembangunan jalan menuju Desa Langere, Kecamatan Bonegunu. Akses darat menuju desa tersebut, ditarget sudah bisa tembus tahun 2019 ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Butur, Wawan Wardaya, menuturkan, untuk menuntaskan akses menuju Desa Langere, pihaknya sudah menyiapkan dua paket pekerjaan. Penganggarannya melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Butur 2019.

Baca Juga : 13 Desa di Butur Rancang Pembentukan Kelompok Sadar Wisata

Kedua paket yang melalui proses lelang itu yakni, peningkatan jalan (pengaspalan) dari Desa Tri Wacuwacu Kecamatan Kulisusu menuju Desa Lapero Kecamatan Kulisusu Barat, dengan pagu anggaran senilai Rp3,2 miliar. Kemudian, pembangunan jalan (pengerasan) dari Lapero menuju Langere sepanjang 11 kilometer, senilai Rp5,2 miliar.

Pengerjaan kedua ruas jalan tersebut, rencananya sudah akan digarap dalam waktu dekat. “Insyaallah bulan Juli pelaksanaannya. Sudah bisa tembus,” tuturnya, saat ditemui di stan Pameran Pembangunan Dinas PUPR dalam rangka memperingati HUT Butur ke-12, di Lapangan Raja Jin, Jumat (28/6/2019).

Baca Juga : Bupati Butur Dorong Penguatan BUMDes

Wawan menambahkan, untuk pembukaan jalan baru di Butur tahun ini ada dua titik. Selain Lapero-Langere, ada pula Karya Bakti-Kotawo Kecamatan Kulisusu Barat, sekitar 4 kilometer dengan pagu anggaran senilai Rp3,7 miliar.

Desa Langere, merupakan desa di wilayah daratan Butur yang terletak di pesisir pantai. Untuk menuju desa ini, harus menggunakan transportasi laut, karena tak bisa dijangkau melalui darat. (B)

 


Kontributor: Irsan R
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib